Infrastruktur Indonesia Dikuasai China, Said Didu: Ada yang Kehilangan Kedaulatan

- 10 Oktober 2021, 18:24 WIB
Said DIdu komentari Indonesia bayangi jebakan infrastuktur dari China.
Said DIdu komentari Indonesia bayangi jebakan infrastuktur dari China. / Pixabay/Skitterphoto/

RINGTIMES BANYUWANGI – Infrastuktur yang ada di Indonesia dikatakan dikuasai China dan bisa menjadi jebakan di suatu hari nanti.

Atas hal tersebut, analis kebijakan publik Said DIdu turut memberikan komentarnya untuk berhati-hati dengan jebakan infrastruktur dari China yang banyak dialami Indonesia.

Pernyataannya tersebut muncul setelah Presiden Jokowi resmi memberi izin penggunaan APBN untuk melaksanakan proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung.

Baca Juga: Prediksi Kemudahan China Jika Hendak Kuasai Indonesia, Ekonom: Mereka Sengaja

Sementara pada awal berlangsungnya proyek Kereta Api Cepat tersebut, Presiden Jokowi secara tegas menyampaikan APBN tak boleh dipergunakan untuk proyek tersebut.

Mengenai hal tersebut, Said Didu menyebut kemungkinan jebakan infrastruktur China yang ada di Indonesia di masa mendatang.

Dilansir dari kanal Youtube MSD pada Minggu, 10 Oktober 2021, Said Didu menyebut khawatir dengan kemungkinan kehilangan kedaulatan.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Ibu Kota Indonesia Terbaru, Komentar Rizal Ramli: yang Tertarik BUMN China

“Berbagai negara mengalami hal seperti itu, dan ada negara yang malah kehilangan kedaulatannya, mengganti mata uangnya, hanya karena sudah terjebak oleh infrastruktur,” ujar Said DIdu.

Halaman:

Editor: Shofia Faridatuz Zahra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x