Waspadai Cuaca Ekstrem Seminggu Kedepan, Ini Provinsi yang Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

- 31 Oktober 2021, 21:12 WIB
Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di beberapa provinsi berikut dengan hujan sedang lebat disertai petir dan angin kencang. Simak mana saja.
Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di beberapa provinsi berikut dengan hujan sedang lebat disertai petir dan angin kencang. Simak mana saja. /Pixabay

RINGTIMES BANYUWANGI – Memasuki musim penghujan, masyarakat diminta untuk waspada dalam waktu seminggu ke depan akibat cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi hampir di seluruh provinsi di Indonesia.

Perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah yang ada di Indonesia terus dipantau ketat oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Saat ini ada indikasi potensi signifikansi dinamika atmosfer yang akan memberikan dampak meningkatnya curah hujan pada beberapa wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Cek Fakta, Cuaca Dingin di Indonesia hingga Agustus Disebabkan Fenomena Aphelion

“Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini, menunjukkan adanya potensi belokan dan perlambatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas,” ungkap Guswanto selaku Deputi Bidang Meteorologi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu 31 Oktober 2021.

Dilansir dari Jurnal Soreang, aktfnya fenomena MJO, Gelombang Rossby, dan Gelombang Kelvin dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dalam beberapa hari ke depan dan akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

 

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memberikan perkiraan bahwa periode 31 Oktober hingga 06 November 2021 ada potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Baca Juga: BMKG Sebut akan Ada Siklon Seroja di NTT Pukul 1 Dini Hari: Waspadai Badai Petir

Adapun wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Jurnal Soreang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x