Mulai Dihapus Bertahap, Pertalite Bakal Seharga Premium

- 29 Desember 2021, 20:35 WIB
Premium bakal dihapus dan harga pertalite akan seharga dengan harga premium. Rencana ini akan ditetapkan pada tahun 2022.
Premium bakal dihapus dan harga pertalite akan seharga dengan harga premium. Rencana ini akan ditetapkan pada tahun 2022. /ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj

RINGTIMES BANYUWANGI - Berhembus kabar pemerintah bakal menghapus BBM jenis premium dan pertalite guna mengurangi emisi karbon.

Rencana penghapusan ini telah disusun Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan akan ditetapkan pada tahun 2022.

Sebagai langkah awal, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati telah melakukan shifting dari premium ke pertalite, dilansir dari kanal Youtube Narasi Newsroom pada 29 Desember 2021.

Baca Juga: Teddy Gusnaidi Setujui Rizal Ramli, Ahok Cocoknya Jadi Presiden RI Bukan di Pertamina

Nicke Widyawati mengatakan dengan izin pemerintah pertamina sudah melakukan program yang disebut Langit Biru pada pertengahan 2020 dengan memberikan harga pertalite seharga premium.

Shifting dari premium ke pertralite tersebut kini menghasilkan dampak positif sehingga emisi karbon dapat diturunkan hingga 12 juta ton hingga saat ini.

Setelah masyarakat mulai beralih ke pertalite, maka level penggunaaan BBMnya akan ditingkatkan ke jenis BBM yang oktannya lebih tinggi yakni Pertamax.

Baca Juga: Viral Tangki Kilang Cilacap Terbakar, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman

Sebagaimana kita tau premium memiliki nilai oktan (RON) 88, pertalite memiliki nilai oktan 90 dan pertamax bernilai 92.***

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x