Jelang Puasa, Permintaan Sarung dan Mukenah di Banyuwangi Masih Sepi

- 21 Maret 2022, 18:31 WIB
Dua pekan menjelang puasa, pedagang tekstil sarung dan mukenah di Pasar Induk Banyuwangi terpantau masih sepi pelanggan.
Dua pekan menjelang puasa, pedagang tekstil sarung dan mukenah di Pasar Induk Banyuwangi terpantau masih sepi pelanggan. /Ringtimes Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Aktivitas perdagangan tekstil terutama sarung dan mukenah di Pasar Induk Banyuwangi, dua pekan menjelang puasa terlihat masih sepi.

Salah satu pedagang tekstil, Adam Djuhri mengatakan, biasanya menjelang puasa permintaan mukenah mengalami peningkatan. Namun tahun ini justru masih sama seperti kondisi normal.

"Biasanya memang meningkat untuk digunakan ibadah tarawih di bulan puasa. Tahun kemarin pun masih ada pembeli menjelang puasa. Namun tahun ini sepi," keluh Djuhri.

Baca Juga: Buah Naga dari 15 Desa di Banyuwangi Bakal Diekspor ke Singapura hingga Eropa

Menurut dia, sepinya pembeli dimungkinkan karena faktor ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir. Serta pasar online yang kini mudah dijangkau.

"Sekarang persaingan ketat, di samping adanya pasar online juga ditambah adanya situasi pandemi," kata Djuhri, Senin, 21 Maret 2022.

Dirinya mengaku kebingungan dan terpaksa harus mengurangi stok mukenah serta komoditi pakaian lainnya untuk mengantisipasi kerugian. "Stok dikurangi, mau ngambil takut gak laku," katanya.

Baca Juga: Suwandi Ditemukan Tewas di Pinggir Sungai Gajah Mungkur

Hal senada disampaikan pedagang sarung, Husama, menurutnya penjualan hingga menjelang puasa masih belum stabil.

"Kalau sekarang ya kadang tidak laku sehari. Biasanya pertengahan puasa yang ramai," kata dia.

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x