Mudik ke Kampung Halaman, Ratusan Perantau Banyuwangi Seakan Rayakan Lebaran Lebih Awal

- 20 Maret 2022, 12:34 WIB
Potret para perantau asal Banyuwangi saat hadiri acara Ikawangi Cycling Nusantara (ICN).
Potret para perantau asal Banyuwangi saat hadiri acara Ikawangi Cycling Nusantara (ICN). /Dian Effendi./

RINGTIMES BANYUWANGI - Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri masih kurang satu setengah bulan, namun Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) sudah merayakannya terlebih dahulu pada pekan ini dengan mudik ke Banyuwangi.

Tentu saja, bukan dengan menggelar salat id sebagaimana biasanya. Namun, suasana mudik dan silaturahmi para diaspora warga Blambangan di berbagai pelosok bumi itu tak ubahnya sedang merayakan Lebaran.

Perasaan demikian setidaknya yang dirasakan oleh Sudibyo. Warga Banyuwangi yang telah lama merantau di Jakarta itu merasakan acara yang dikemas dengan sepeda santai bertajuk ‘’Ikawangi Cycling Nusantara (ICN)’’ itu, selayaknya lebaran.

Baca Juga: Kunjungi TPS3R Banyuwangi, Menko Marvest Ajak Memperluas Penanganan Sampah Berbasis Sirkular

"Rasanya bahagia sekali, seperti saat mudik lebaran. Ketemu saudara, sesama perantauan dari berbagai daerah. Lalu bikin kegiatan bareng-bareng. Ini luar biasa," kata Sudibyo. 

Menurutnya, ini adalah momen yang tepat. Karena banyak yang telah beranak cucu jarang bisa pulang kampung saat Lebaran karena harus menerima kerabat di rumahnya. Dengan kegiatan ini, rasa rindu kampung masa kecil akhirnya terbalaskan.  

"Saking senangnya, sampe gemetar saya. Selain silaturahmi ke keluarga, kami bisa kumpul bareng saudara Ikawangi se-nusantara. Bertemu teman masa sekolah," timpal Sujiono yang datang dari Bekasi.

Baca Juga: Luhut Binsar Panjaitan Jelaskan Pusat Pelatihan Atletik di Timika Punya Fasilitas Memadai

Dia juga menceritakan bagaimana antusiasnya Ikawangi yang datang pada acara tersebut. Ada yang datang dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Yogyakarta, Malang, Kalimantan Utara, bahkan Amerika Serikat.

"Menariknya, bagi teman-teman yang lewat jalur darat, seperti sedang mudik lebaran. Mampir ke Ikawangi di setiap kota yang dilewati. Makan bareng, bahkan ada juga yang menyelenggarakan tontonan Gandrung segala," cerita perantau lainnya.

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x