Militer Indonesia Urungkan Niat Membeli Su-35 dari Rusia, Rahasia Negara-Negara ASEAN Terungkap

- 10 Mei 2022, 11:50 WIB
Indonesia mengurungkan niat dalam pembelian Su-35 dari Rusia. Namun ternyata tabir besar rahasia negara-negara ASEAN terungkap.
Indonesia mengurungkan niat dalam pembelian Su-35 dari Rusia. Namun ternyata tabir besar rahasia negara-negara ASEAN terungkap. /Pixabay/WikiImages/

 

RINGTIMES BANYUWANGI - Indonesia telah memulai perundingan untuk membeli jet tempur Su-35 dari Rusia sejak tahun 2017 silam guna memperkuat militer. 

Semua proses transaksi antara pembelian alutsista militer tersebut telah dilalui oleh Indonesia dan Rusia. 

Jet tempur Su-35 bukan lagi menjadi wacana guna memperkokoh militer udara Indonesia. Namun siapa sangka Amerika Serikat (AS) malah mengeluarkan beragam aturan yang membuat dilema. 

Baca Juga: 5 Rudal Terhebat dan Murah Meriah Milik Rusia, Senjata Militer Berkekuatan Tinggi

AS mengeluarkan sebuah sanksi CAATSA bagi negara mana saja yang ingin membeli senjata dari Rusia. 

Adanya peraturan tersebut awalnya tidak menggoyahkan Indonesia. Namun akhirnya pembelian jet tempur Su-35 tersebut dibatalkan oleh Indonesia. 

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di ZonaJakarta.com dengan judul: Kegagalan Indonesia Beli Jet Tempur Su-35 Menguak Tabir Besar Hubungan Terselubung Rusia dengan ASEAN

Dalam klasifikasi yang disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, anggaran menjadi sebab utama pembatalan tersebut.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Zona Jakarta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x