Desa Jambewangi Sediakan Rumah Singgah untuk Warga Kampung Pedalaman

- 20 Juli 2022, 22:50 WIB
kepala desa Jambewangi dan kepala dusun Kerajan, Menjelaskan mengenai rumah singgah
kepala desa Jambewangi dan kepala dusun Kerajan, Menjelaskan mengenai rumah singgah /Moch. Rifqi Wildan/Ringtimes Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Desa Jambewangi, Sempu, Banyuwangi, merupakan salah satu Daerah yang memiliki luas wilayah paling lebar di Kabupaten Banyuwangi.

Desa Jambewangi memiliki kurang lebih 123 RT, Jambewangi juga merupakan daerah yang berpotensi besar untuk menyokong pertanian Banyuwangi.

Meskipun demikain, Desa Jambewangi memiliki akses yang cukup sulit sering di temui di Desa Jambewangi, terutama di wilayah pedalaman hutan yang berpenduduk.

Baca Juga: Pesona Tersembunyi Pantai Waru Doyong Kumendung Muncar, Alternatif Destinasi Wisata Banyuwangi

Sebagai penganggulangan keterbatasan, Desa Jambewangi memiliki Rumah Singgah Mitra Bersama, yakni adalah sepetak tempat yang dibangun untuk kepentingan sosial masyarakat pedalaman.

Fungsinya untuk mengatasi darurat sosial Rumah Singgah berfungsi sebagai tempat transit untuk masyarakat yang sangat membutuhkan pertolongan medis.

Sugeng selaku Kepala Dusun (Kadus) menjelaskan, bahwa Rumah Singgah dibentuk atas pertimbangan mengenai keselamatan jiwa masyarakat pedalaman Jambewangi. Idenya bermula ketika Sugeng dengan seorang Bhabinsa mengunjungi kampung yang disebut Telocor.

Baca Juga: Perkuat Ekspor, Petani Kopi Banyuwangi Difasilitasi Bertemu Pembeli Luar Negeri

"Berawal dari kunjungan kami dengan menggunakan motor Matic dan Supra" ucap Sugeng.

Sedikit kisah, pada saat itu, motor yang dinaikinya mengalami kerusakan setelah melewati jalan menuju kampung Telocor.

Halaman:

Editor: Rika Wulandari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x