Sendratari Meras Gandrung Banyuwangi Kembali Digelar Tiap Pekan

- 28 Agustus 2022, 19:20 WIB
Sendratari Meras Gandrung, seni wisudanya penari Gandrung kini hidup kembali menghibur Banyuwangi di Taman Gandrung, Tarakota.
Sendratari Meras Gandrung, seni wisudanya penari Gandrung kini hidup kembali menghibur Banyuwangi di Taman Gandrung, Tarakota. /Dok. Pribadi Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI – Bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi, menyaksikan sendratari Meras Gandrung bisa menjadi pilihan. Digelar di Taman Gandrung Tarakota, seni pertunjukan "wisudanya penari gandrung" tersebut bakal digelar tiap pekan.

"Salah satu cara untuk melestarikan seni budaya itu adalah dengan menggelar pertunjukan yang berjadwal tetap. Selain terus memberikan ruang bagi para seniman, juga untuk “syiar” budaya dan kesenian kita.

Wisatawan bisa tahu kapan harus menyaksikan kesenian tersebut," kata Sigit Pramono, pendiri Taman Gandrung Terakota, saat pementasan Meras Gandrung pada Sabtu, 27 Agustus 2022.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi dan BPJS Tumbuhkan Semangat Wirausaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan untuk Ahli Waris

Meras Gandrung sendiri sebenarnya telah rutin digelar. Namun sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

Kini sendratari Meras Gandrung kembali digelar. "Kami akan berupaya untuk menggelar pertunjukan seni tiap pekan di sini (Taman Gandrung Terakota),” kata Sigit.

Sendratari Meras Gandrung merupakan pementasan secara kolosal oleh para penari gandrung. Menggambarkan perjuangan keras seorang penari gandrung dalam mengatasi tantangan dan ujian berat agar dapat diwisuda menjadi penari gandrung.

Setelah digelar perdana usai pandemi pada Sabtu, 27 Agustus 2022, Meras Gandrung akan kembali digelar 3, 10, dan 17 September.

Baca Juga: Bermodalkan Gotong-Royong Warga, Gintangan Bamboo Festival Banyuwangi Berlangsung Meriah

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Sigit Pramono. Menurutnya dengan jadwal yang tetap, akan memudahkan wisatawan yang penasaran dengan Meras Gandrung.

Halaman:

Editor: Sofia Nabila Anwar

Sumber: Pemkab Banyuwangi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x