Terinspirasi Perjuangan Bang Dzoel, Pemkab Banyuwangi Ajak Siswa Nonton Bareng Film Tegar

- 30 Desember 2022, 10:44 WIB
Pemkab Banyuwangi ajak anak-anak tonton film Tegar
Pemkab Banyuwangi ajak anak-anak tonton film Tegar /

RINGTIMES BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi mengajak Siswa TK, SD, dan SMP, serta anak-anak disabilitas dari Yayasan Kesejahteraan dan Pendidikan Tuna Indera Indonesia (YKPTI), menonton film "Tegar" di New Star Cineplex, Banyuwangi, Rabu malam, 28 Desember 2022.

Mereka tampak antusias menyaksikan film berdurasi 92 menit yang terinspirasi dari kisah seorang fotografer difabel asal Banyuwangi, almarhum Achmad Dzulkarnain atau akrab disapa Bang Dzoel tersebut.

Di masa hidupnya Bang Dzoel sempat terlibat dalam pembuatan film ini dengan menjadi behind the scene (BTS) crew. Saat itu Bang Dzoel berharap film Tegar bisa menjadi salah satu film percontohan dan edukasi bahwa difabel itu berdaya. 

Baca Juga: Ditarget Naikkan Pergerakan Wisatawan, Sandiaga Uno Andalkan Banyuwangi

"Berharap film ini akan menjadi film percontohan untuk kita semua, film edukasi bahwa difabel itu ada, difabel itu memang harus kita berikan kesempatan dan kita upayakan, kita dukung bareng-bareng supaya difabel bisa mandiri seperti teman teman non-difabel pada umumnya," tulis akun resmi @film_tegar hasil dari percakapan dengan Almarhum Bang Dzoel. 

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengajak anak-anak untuk menjadikan Bang Dzoel sebagai inspirasi.

"Bang Dzoel adalah sosok yang inspiratif. Dengan segala kekurangan, dia mampu berjuang dan akhirnya bisa membuat karya yang membanggakan dan menginspirasi orang lain," kata Ipuk. 

Bahkan foto pertama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Wakil Bupati Sugirah mengenakan pakaian dinas resmi untuk upacara besar (PDUB), yang dipotret di hari pelantikan, 26 Februari 2021, merupakan karya Bang Dzoel. 

Foto tersebut lantas dipajang di kantor Pemkab Banyuwangi dan seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Banyuwangi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah