Peringati HUT ke-239, Klenteng Hoo Tong Bio Gelar Atraksi Barongsai

- 19 Februari 2023, 10:05 WIB
Gelaran atraksi barongsai di peringatan HUT ke-239 Klenteng Hoo Tong Bio
Gelaran atraksi barongsai di peringatan HUT ke-239 Klenteng Hoo Tong Bio /Fitri Anggiawati/Ringtimes/

RINGTIMES BANYUWANGI- Umat Tri Dharma Banyuwangi memperingati 239 tahun bertahtanya Yang Mulia Kongco Tan Hu Cin Jin yang juga sebagai hari ulang tahun (HUT) Klenteng Hoo Tong Bio pada Sabtu, 18 Februari 2023.

Sebagai puncak acara, hari itu digelar persembahyangan bersama dilanjut atraksi barongsai yang memukau ratusan orang, termasuk diantaranya terdapat puluhan tamu dari luar provinsi.

“Ada lima barongsai yang ditampilkan,” ungkap pembina Klenteng Hoo Tong Bio sekaligus pembina barongsai Sugianto pada Minggu, 19 Februari 2023.

Ia mengatakan bahwa atraksi barongsai telah dimulai sejak pukul 14.00 WIB dan berakhir pada 18.30 WIB, sementara sembahyang bersama digelar pada pukul 16.00 WIB.

Baca Juga: Banyuwangi Gandeng e-Commerce Perluas Jangkauan Pasar UMKM

Sebagai rangkaian peringatan HUT, Klenteng Hoo Tong Bio sebelumnya juga menggelar bakti sosial terapi otot dan tulang yang digelar pada Minggu pagi, 12 Februari 2023 dan dilanjut bagi-bagi sembako ke masyarakat yang membutuhkan pada sore harinya.

Dilansir dari situs wisata banyuwangibagus.com, Klenteng Hoo Tong Bio yang dibangun pada tahun 1784 oleh komunitas Tionghoa di kawasan Karangrejo merupakan klenteng tertua di Jawa Timur dan Bali.

Terletak di Jl Ikan Gurame No 54, bangunan yang berusia tua tersebut tampak kokoh dan sangat terawat.

Klenteng tersebut dibangun sebagai penghormatan kepada seorang kapten bernama Tan Hu Cin Jin yang telah menyelamatkan etnis Tionghoa pada masa kolonialisme Belanda.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah