Perkenalkan Moderasi Beragama, SDN 1 Karangrejo Kunjungi Klenteng Hoo Tong Bio

- 20 Januari 2023, 11:05 WIB
Kepala Sekolah SDN 1 Karangrejo Muhammad Lutfi (tengah kacamata) berfoto bersama siswa kelas 6 dalam kunjungan ke Klenteng Hoo Tong Bio.
Kepala Sekolah SDN 1 Karangrejo Muhammad Lutfi (tengah kacamata) berfoto bersama siswa kelas 6 dalam kunjungan ke Klenteng Hoo Tong Bio. /Fitri Anggiawati.doc

RINGTIMES BANYUWANGI- Kelurahan Karangrejo Kecamatan Banyuwangi ditetapkan sebagai kampung moderasi beragama.

Yaitu perwujudan komitmen kebangsaan, toleransi antar umat beragama sehingga menciptakan harmoni dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam prakteknya, SDN 1 Karangrejo menerapkan hal tersebut dengan mengajak para anak didiknya melaksanakan outing class dengan mengunjungi Klenteng Hoo Tong Bio yang juga masih dalam lingkup kelurahan yang sama.

Baca Juga: Menikah dapat cashback hingga jutaan rupiah? Hanya di ASTON Banyuwangi Promo Cashback wedding Hot Deal

Kunjungan yang diikuti oleh siswa kelas 4, 5, dan 6 tersebut juga sebagai wujud edukasi dan penerapan profil pelajar Pancasila dimensi pertama terkait toleransi beragama ke anak-anak sejak dini.

“Tujuan kita agar anak-anak mendapat edukasi tentang klenteng itu apa, imlek itu bagaimana, serta memiliki wawasan terkait dengan agama selain yang mereka kenal,” ungkap Kepala Sekolah SDN Karangrejo 1 Muhammad Lutfi pada Kamis, 19 Januari 2023.

Sehingga dengan kata lain, ketika para siswa telah mengetahui sejarah, tempat ibadah, tradisi, dan adat Klenteng Hoo Tong Bio, diharapkan dapat memiliki kesadaran untuk hidup berdampingan secara damai.

Baca Juga: Festival Imlek 2023, Momentum Kampung Moderasi Banyuwangi

Selain itu diharapkan dapat menjaga kelestarian tradisi klenteng yang turut menjadi kekayaan budaya di Banyuwangi.

“Karena klenteng ini, saat ini menjadi ikon utamanya di Kampung Pecinan Karangrejo yang kembali dihidupkan, sehingga nantinya akan menambah satu khazanah budaya di Kabupaten Banyuwangi,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x