Peringati Compost Day 2023, Mengenal Eco Enzyme ala Rumah Edukasi Pilah dan Olah Sampah Banyuwangi

- 27 Februari 2023, 07:09 WIB
Bintari Wuryaningsih sedang memegang baskom berisi cairan fermentasi kompos organik eco enzyme
Bintari Wuryaningsih sedang memegang baskom berisi cairan fermentasi kompos organik eco enzyme /Fitri Anggiawati/

RINGTIMES BANYUWANGI- Rumah Edukasi Pilah dan Olah Sampah Banyuwangi yang diprakarsai aktivis lingkungan serta merupakan dokter umum di RSI Fatimah turut meramaikan peringatan compost day 2023 pada Minggu, 26 Februari 2023.

Ia adalah Bintari Wuryaningsih, pegiat lingkungan yang sepak terjangnya dikenal luas dan menerima berbagai penghargaan karena berperan besar dalam program dan kegiatan lingkungan di Banyuwangi.

Wanita kelahiran Yogyakarta tersebut berperan aktif mengajak wanita-wanita yang memiliki passion cinta lingkungan yang sama dengannya untuk bergabung dalam satu komunitas bernama Osoji Banyuwangi yang pada tahun 2017 telah menginjak usia kedelapan tahun.

Komunitas tersebut biasanya melakukan pertemuan di Rumah Edukasi Pilah dan Olah Sampah yang terletak di Perumahan Agus Salim Residence Blok D4 Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Banyuwangi.

Baca Juga: Angin Kencang Robohkan Kandang Ayam di Cluring, Kerugian Diduga Rp 150 Juta

Tak hanya mengenai olah dan pilah sampah, Bintari juga turut memberikan pengetahuan kepada anggotanya mengenai berkebun dan membuat kompos organik.

“Ada eco enzyme, takakura, serta MOL (mikro organisme lokal) dan POC (pupuk organik cair),” katanya.

Secara khusus, Bintari menjelaskan mengenai kompos organik eco enzyme yang merupakan cairan fermentasi tiga bulan sisa bahan organik limbah dapur rumah tangga yang ternyata memiliki segudang manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Pembuatannya pun dapat dilakukan secara mandiri di rumah memanfaatkan limbah dapur yang ada karena kegiatannya memang bertujuan untuk mengurangi sampah organik di masyarakat.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x