Peringati HUT ke-31, Taman Nasional Alas Purwo Lepas Liarkan Satwa

- 27 Februari 2023, 14:04 WIB
Lepas liar satwa endemik dan dilindungi dalam rangka peringatan HUT ke-31 Balai Taman Nasional Alas Purwo.
Lepas liar satwa endemik dan dilindungi dalam rangka peringatan HUT ke-31 Balai Taman Nasional Alas Purwo. /BTN Alas Purwo/

RINGTIMES BANYUWANGI- Taman Nasional (TN) Alas Purwo baru saja menggelar peringatan hari jadi ke-31 tahun dengan tema “Ngeruwat, Ngerumat, dan Ngeramat” yang artinya melindungi, memelihara, dan melestarikan pada Minggu, 26 Februari 2023.

Sebagai perwujudan tema tersebut, TN Alas Purwo melakukan pelepasliaran satwa liar yang dilakukan di kawasan Resort Rowobendo, seksi pengelolaan taman nasional wilayah I Tegaldlimo.

Lokasi tersebut dipilih karena memenuhi tiga syarat komponen dasar bagi satwa liar yaitu makanan, air, dan ruang, yang mana ketersediaan pakan alami di wilayah tersebut dirasa mencukupi, serta relatif aman dari kontak dengan manusia ataupun ancaman predator.

Baca Juga: Peringati Compost Day 2023, Mengenal Eco Enzyme ala Rumah Edukasi Pilah dan Olah Sampah Banyuwangi

Satwa liar yang dilepasliarkan diantaranya tujuh landak Jawa dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi, serta 35 ekor rusa Timor dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur.

Rusa-rusa tersebut merupakan hasil penyelamatan BKSDA Jawa Timur dari tiga lokasi yaitu Desa Legok, Kecamatan Gempol, Pasuruan sebanyak enam ekor.

Kemudian 11 ekor dari Desa Wates, Kecamatan Lekok, Pasuruan, dan sisanya 18 ekor lain adalah hasil penyelamatan dari Kabupaten Pasuruan dan Malang.

“Diharapkan akan menjadi contoh dan media sosialisasi kepada masyrakat sekitar agar turut serta memelihara dan melestarikan sumber daya alam khususnya satwa-satwa endemik dan dilindungi,” tulis akun Instagram resmi @btn_alaspurwo pada Minggu, 26 Februari 2023.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuwangi Dwi Yanto yang memberikan apresiasi kepada TN Alas Purwo karena tetap menjaga keaslian habitat serta menjadi salah satu magnet wisata di Banyuwangi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x