Geliat UMKM Kerajinan Udeng di Pantai Marina Boom Banyuwangi

- 25 Maret 2023, 19:17 WIB
Pengrajin udeng gelar karya di Pantai Marina Boom Banyuwangi
Pengrajin udeng gelar karya di Pantai Marina Boom Banyuwangi /Fitri Anggiawati/Ringtimes/

RINGTIMES BANYUWANGI- Pantai Marina Boom yang terletak di Kelurahan Kampung Mandar Kecamatan Banyuwangi menawarkan paket wisata komplit.

Tak hanya wisata keluarga, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) turut bergeliat di tengah tingginya pengunjung yang datang.

Salah satunya adalah sentra kerajinan milik Eko Feri Handoko yang ditawarkan di salah satu sudut jalan menuju ke area pantai.

Pria yang akrab disapa Feri tersebut merupakan pengrajin Banyuwangi yang telah menghasilkan banyak karya mulai tas hingga ikat kepala khas Banyuwangi yang disebut udeng.

“Menjadi pengrajin sudah 10 tahun,” ungkap pria asal Desa Jajag, Kecamatan Gambiran tersebut.

Ia yang kini membuka industri rumahan di Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Banyuwangi mengaku menekuni profesi sebagai pengrajin sejak bekerja di Bali di bidang yang sama.

Telah menguasai ilmunya, ia pun memutuskan untuk pulang ke Banyuwangi dan membuka usaha rumahan sendiri dengan menghidupkan kekhasan Banyuwangi karena seluruh bahan baku yang ia pakai adalah batik Banyuwangi.

Beruntungnya respon pasar bagus, didukung perkembangan pariwisata Banyuwangi yang kian baik dan banyak mengundang wisatawan luar kota untuk datang.

“Udeng banyak diburu wisatawan luar kota untuk oleh-oleh,” katanya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x