Mengintip Luhurnya Tradisi Lebaran Kala Liburan di Banyuwangi

- 12 April 2023, 15:31 WIB
Ritual Adat Seblang Bakungan asal Banyuwangi kembali digelar setelah dua tahun ditunda pelaksanaannya akibat pandemi Covid-19
Ritual Adat Seblang Bakungan asal Banyuwangi kembali digelar setelah dua tahun ditunda pelaksanaannya akibat pandemi Covid-19 /

RINGTIMES BANYUWANGI- Libur lebaran merupakan momen yang selalu dinantikan setiap tahunnya, dan mengisi momen spesial dengan berlibur bersama sanak saudara selalu terdengar asik.

Banyuwangi adalah destinasi yang cocok untuk menjadi tujuan libur lebaran karena tak hanya terkenal akan wisata alamnya, Banyuwangi juga kaya akan wisata budaya yang akan membuat momen lebaran lebih berkesan.

Berikut adalah ulasan singkat beberapa budaya tradisi masyarakat Banyuwangi yang dapat dijumpai saat lebaran nanti.

Baca Juga: Penangkapan Lobster Kian Marak, Nelayan Banyuwangi Susah Tangkap Ikan di Pancer

1. Barong Ider Bumi

Tradisi ini merupakan agenda tahunan masyarakat Osing Desa Kemiren di bulan Syawal yang dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur atas keselamatan warga serta untuk menolak bala, serta sebagai sarana mempererat silaturahmi.

Pawai Barong Ider Bumi biasanya dilakukan setelah waktu dhuhur di hari kedua lebaran dengan melibatkan sajian kesenian.

Berangkat dari Rumah Barong, arak-arakan dengan formasi penampil barong, penari, pemusik, hingga warga menuju ke tempat selamatan yang berada di sisi barat desa.

Pawai barong berakhir di atas tikar tempat menggelar selamatan, di sana dikumandangkan doa dalam bahasa Arab dan bahasa Osing.

Acara ditutup dengan santap bersama Pecel Pitik yang merupakan makanan khas Suku Osing.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x