Banyuwangi Jaman Bengen Angkat Kekayaan Cagar Budaya

- 14 Juni 2023, 18:50 WIB
Tari padang ulan ditampilkan dalam pembukaan Festival Banyuwangi Jaman Bengen.
Tari padang ulan ditampilkan dalam pembukaan Festival Banyuwangi Jaman Bengen. /Fitri Anggiawati/Ringtimes/

RINGTIMES BANYUWANGI- Pagelaran Banyuwangi Jaman Bengen kembali terima pujian, yang terbaru dari Direktur Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur Evi Wijayanti. 

Evi yang hadir dalam acara pembukaan mengatakan event tersebut sebagai kegiatan luar biasa yang mengangkat kekayaan cagar budaya dan kekayaan dari nilai nilai tradisi yang ada. 

"Aspek-aspek kemajuan kebudayaan itu bisa tergambar di sini karena apa? Tadi pembukaannya juga ditampilkan tari-tarian (tari padang ulan). Itu juga salah satu warisan tak benda yang harus dilestarikan," ujarnya. 

Baca Juga: Bahas Penanganan Stunting dan Kemiskinan, BKKBN dari 16 Provinsi Workshop di Banyuwangi

Lanjutnya, pameran Banyuwangi Jaman Bengen yang menampilkan produk-produk karya zaman dahulu yang memiliki nilai sejarah. 

Dengan kegiatan tersebut, ia berharap masyarakat, utamanya generasi muda dapat mengenali sejarah dan kekayaan yang luar biasa.

Tak hanya dari alam, tetapi juga kekayaan hasil hasil kreativitas nilai nilai budaya yang tampil dengan sangat kreatif. 

"Antusias masyarakat sangat luar biasa dan saya juga lihat ada apresiasi dan partisipasi dari provinsi untuk bisa memperkenalkan ke dunia luar," bebernya. 

Untuk diketahui, dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Timur adalah salah satu unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang berada dan bertanggung jawab kepada Direktorat Jenderal Kebudayaan. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x