Banyuwangi Jaman Bengen Pamerkan Ratusan Benda Kuno Dinasti Tang hingga Peninggalan Kerajaan Blambangan

- 16 Juni 2023, 08:00 WIB
Berbagai macam benda kuno dipamerkan dalam event Banyuwangi Jaman Bengen.
Berbagai macam benda kuno dipamerkan dalam event Banyuwangi Jaman Bengen. /Istimewa/

RINGTIMES BANYUWANGI– Pemkab Banyuwangi kembali menggelar pameran benda-benda kuno dan bersejarah di pelataran Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, 11-17 Juni 2023.

Pameran bertajuk “Banyuwangi Jaman Bengen” tersebut menampilkan ratusan benda-benda tempo dulu yang ditemukan di wilayah Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menjelaskan bahwa Pemkab Banyuwangi terus menghadirkan berbagai event setiap pekannya.

Baik itu yang masuk dalam agenda Banyuwangi Festival, maupun event yang digelar oleh masyarakat sendiri.

Baca Juga: Bahas Penanganan Stunting dan Kemiskinan, BKKBN dari 16 Provinsi Workshop di Banyuwangi

"Di Banyuwangi setiap pekannya kami dorong ada event yang bisa dinikmati wisatawan dan warga. Jadi mereka yang berkunjung ke Banyuwangi, bisa menikmati kekhasan seni dan budaya kita. Termasuk pameran benda-benda tempo dulu," kata Ipuk.  

Di event tersebht dipamerkan tempayan dari Dinasti Tang China abad 7-10, wadah penutup Dinasti Ming abad ke-14, guci song (kelapa) Dinasti Song abad 9-12.

Ada juga botol soda buatan perusahaan keluarga Belanda, Erven Lucas Bols, tahun 1575. Botol tersebut terbuat dari keramik dan berkapasitas satu liter.

Benda-benda pusaka Banyuwangi lainnya juga ada. Seperti satu set timbangan emas zaman Kerajaan Blambangan abad 14-18 Masehi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x