Datang Langsung ke Festival Arsitektur Nusantara, Direktur Aga Khan Award Terkesan dengan Bandara Banyuwangi

- 24 Juni 2023, 15:30 WIB
Direktur Aga Khan Award bersama arsitek-arsitek yang hadir dalam Festival Arsitek Nusantara saat mengunjungi pameran di Pendopo Sabha Swagata Blambangan.
Direktur Aga Khan Award bersama arsitek-arsitek yang hadir dalam Festival Arsitek Nusantara saat mengunjungi pameran di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. /Istimewa/

RINGTIMES BANYUWANGI- Bandara Banyuwangi memenangi  penghargaan arsitektur dunia, Aga Khan Award for Architecture pada November 2022 lalu.

Sebagai apresiasi, Direktur Aga Khan Award, Farrokh Derakhshani, datang mengunjungi bandara rancangan arsitek Andra Matin tersebut, bersamaan dengan dihelatnya Festival Arsitektur Nusantara di Banyuwangi pada 22-24 Juni 2023.

Saat tiba di Bandara Banyuwangi pada Jumat, 23 Juni 2023 Farrokh mengaku terkesan dengan desain terminal bandara yang ramah lingkungan.

“Sistem udara di dalam Bandara Banyuwangi sangat sejuk. Saat tadi turun dari pesawat, saya langsung merasakan udara tropis di sini. Tapi begitu masuk ke terminal bandara, langsung terasa sejuk,” kata Farrokh.

 Baca Juga: Bulan Pancasila, Banyuwangi Gelar Festival Generasi Pancasila

Bandara Banyuwangi memang dibangun mengusung konsep hijau dan ramah lingkungan. Bandara Banyuwangi disebut menghindari gaya internasional standard sebagian besar bandara di dunia.

Skema pembangunan yang diterapkan bersandar pada sumber daya lokal, teknologi tepat guna, dan prinsip-prinsip desain pasif vernakular.

Kondisi negara Indonesia yang memiliki iklim panas disiasati dengan infrastruktur konektivitas yang menciptakan bukaan dan overhang yang dapat mengoptimalkan pengendalian suhu melalui ventilasi alami.

Selain itu, pengaturan berkelanjutan dari lansekap ke ruang interior membantu aliran udara, dengan pepohonan rindang nan subur, menjadikan bangunannya bernuansa alam.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x