Bulan Pancasila, Banyuwangi Gelar Festival Generasi Pancasila

- 23 Juni 2023, 17:00 WIB
Wabup Sugirah resmikan Festival Generasi Pancasila.
Wabup Sugirah resmikan Festival Generasi Pancasila. /Istimewa/

RINGTIMES BANYUWANGI– Masih dalam rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila, Banyuwangi menggelar Festival Generasi Pancasila.

Menariknya, festival ini melibatkan ratusan siswa SD, SMP Banyuwangi untuk memperkuat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila sejak dini. 

Festival tersebut dipusatkan di SMPN 1 Siliragung, Kecamatan Siliragung pada Kamis, 22 Juni 2023 dan dihadiri langsung Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah. SMPN 1 Siliragung saat ini didesain menjadi prototype "Sekolah Kebangsaan". 

Festival yang mengusung tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global" ini diisi beragam kegiatan yang bertujuan penguatan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda. 

Baca Juga: FAO dan KKP Berdayakan Perempuan Nelayan Skala Kecil Banyuwangi

"Hari Lahir Pancasila 1 Juni merupakan momen yang penting bagi bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara telah menjadi pilar utama dalam membangun persatuan, keadilan, dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia," kata Sugirah kepada para siswa tersebut. 

Festival ini, lanjut dia, menjadi kesempatan yang berharga untuk mengedukasi, menginspirasi, dan membangun kesadaran akan pentingnya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya kepada generasi muda. 

"Melalui berbagai kegiatan yang interaktif dan edukatif, para pelajar dapat mengenal dan memahami secara mendalam nilai-nilai Pancasila, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ini juga cara kita untuk menangkal paham-paham radikal," kata Sugirah. 

Ketua panitia kegiatan Festival Pancasila, Alfian menjelaskan festival ini diisi sejumlah kegiatan, di antaranya adalah dialog kebangsaan antar pelajar.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x