Ratusan Pembalap se-Jawa, Bali, dan NTT Ikuti Banyuwangi Drag Bike 2023

- 23 November 2023, 11:25 WIB
Banyuwangi Drag Bike 2023 digelar di Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi
Banyuwangi Drag Bike 2023 digelar di Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi /Lailatul Khomsiyah/Ringtimes/

RINGTIMES BANYUWANGI - Ratusan pembalap dari berbagai daerah di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Timur beradu kecepatan dan ketangkasan di Banyuwangi Drag Bike 2023, yang digelar di Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, selama dua hari Sabtu-Minggu (18-19/11/2023).

Sirkuit yang digunakan para pembalap tersebut adalah Jalan Wiroguno, jalur alternatif yang menghubungkan Kecamatan Genteng dengan Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari. Panjang jalannya mencapai 6,5 kilometer dengan lebar 8 meter. Sehingga sangat tepat digunakan sebagai sirkuit.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, drag bike ini merupakan salah satu sport tourism yang didukung pemkab untuk mewadahi anak muda yang hobi balap motor.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Banyuwangi Naik, PLN Tambah Kuota Pasokan Listrik hingga 400 Ribu Watt

"Ajang ini semakin melengkapi sport tourism di Banyuwangi. Sebelumnya juga digelar Balap Roadrace, Ijen Downhill, BMX, dan lainnya," kata Ipuk saat menyaksikan kejuaraan dragbike.

Ditambahkan dia, jalan Wiroguno yang disulap menjadi sirkuit ini dibangun sebagai jalur alternatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di daerah Banyuwangi bagian selatan. Pemandangan hamparan sawah menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut. Maklum saja, jalan tersebut memiliki latar belakang Gunung Raung.

“Tidak hanya itu, kini jalan Wiroguno juga bisa dimanfaatkan untuk arena balap motor karena panjang dan lebarnya jalan tersebut. Para penonton bisa menikmati Gunung Raung dari kejauhan saat nonton di sini,” kata Ipuk.

Baca Juga: Festival Kebangsaan Banyuwangi Gambaran Miniatur Indonesia

Ratusan penonton antusias memadati sekitar sirkuit. Kejuaraan berlangsung dua hari, dengan puluhan nomor kelas dari 125 cc, 150 cc, 200 cc, dan 300 cc.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x