Kepala BMKG Nilai Ekowisata Banyuwangi Turut Cegah Perubahan Iklim

- 2 Januari 2024, 15:46 WIB
Kepala BMKG Nilai Ekowisata Banyuwangi Turut Cegah Perubahan Iklim
Kepala BMKG Nilai Ekowisata Banyuwangi Turut Cegah Perubahan Iklim /Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Konsep ekowisata atau pariwisata alam yang diusung Banyuwangi dinilai mendukung upaya pencegahan perubahan iklim.

Hal itu disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, saat bertemu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Banyuwangi.

Selama ini Banyuwangi konsentrasi pada pengembangan ecotourism. Selain karena dianugerahi bentang alam yang memungkinkan pengembangan wisata alam.

Baca Juga: Gema Selawat Syubbanul Muslimin Meriahkan Pergantian Tahun di Banyuwangi

Kami juga yakin konsep ekowisata ini sangat bermanfaat bagi daerah. Apa yang kami lakukan ini diapresiasi banyak pihak, termasuk salah satunya Kepala BMKG,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Minggu (31/12/2023).

“Kami menyadari potensi alam Banyuwangi adalah kelebihan yang kami miliki dan kami syukuri maka kami tidak ingin mengubahnya menjadi wisata yang metropolitan.

Tapi merawatnya beserta dengan budaya yang ada di dalamnya,” ujar Ipuk dalam pertemuan dengan kepala BMKG saat berkunjung ke Banyuwangi pada tanggal 24 Desember 2023 lalu.

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Harus Memilih Macbook Pro, Salah Satunya Kinerja yang Lebih Cepat

Kepala BMKG Dwikorita juga mengatakan Banyuwangi layak menjadi contoh daerah yang sukses mendukung lifestyle ramah lingkungan lewat pengembangan pariwisata alam.

“Konsep wisata Banyuwangi mematahkan paradigma wisata harus yang modern, padat kendaraan, dipenuhi mall seperti di kota-kota besar, yang ini justru menjadi penyumbang CO2.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x