8 Gejala Erotomania, Salah Satunya Telpon orang Lain Terus Menurus

- 10 Januari 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi erotomania.
Ilustrasi erotomania. /Pixabay/Duckleap Free Resources/

RINGTIMES BANYUWANGI- Berikut daftar gejala erotomania, sebuah kondisi kesehatan mental yang langka yang bisa menjangkiti seseorang.

Kondisi itu adalah saat seseorang merasa dirinya dicintai padahal tidak.

"Orang lain (yang dimaksud) mungkin seorang selebritas, (orang) kaya, atau (orang yang) memiliki kedudukan sosial yang tinggi. Kondisi ini juga dikenal sebagai sindrom De Clérambault," kata ahli dalam laman Healthline.

 

"Keterikatan untuk dicintai oleh orang lain ini dianggap delusi karena tidak didasarkan pada kenyataan. Dalam kebanyakan kasus, orang tersebut bahkan belum pernah bertemu dengan orang yang membuat mereka terpesona," ujarnya dalam tulisan yang sudah ditinjau Timothy J. Legg.

Tanda-tanda lainnya yang bisa diketahui adalah

  • sejumlah pengidap merasa bahwa orang asing yang baru mereka temui jatuh cinta pada mereka.
  • Mereka juga merasa ada orang lain yang mengirimi pesan rahasia, bisa lewat pemikiran atau telepati. "Mereka mungkin merasa mustahil untuk melepaskan keyakinan mereka bahwa orang lain mencintai mereka meskipun tidak ada bukti bahwa hal ini benar.
  • Erotomania dapat dikaitkan dengan kondisi kesehatan mental lain yang melibatkan delusi atau perilaku manik," katanya lagi.

 

8 gejala erotomania Berikut selengkapnya:

  1. Mengonsumsi media secara obsesif terkait dengan orang lain baik itu selebritas atau figur publik
  2. Terus-menerus mengirimkan surat, email, atau hadiah kepada orang lain Terus-menerus melakukan panggilan telepon ke orang lain
  3. Yakin bahwa orang lain mencoba berkomunikasi secara diam-diam melalui pandangan sekilas, gerak tubuh, atau pesan berkode di berita, acara televisi, film, atau media sosial
  4. Menciptakan situasi rumit namun palsu di mana orang lain mengejar, menguntit, atau mencoba menghubunginya
  5. Merasa cemburu karena keyakinan bahwa orang lain mungkin berhubungan dengan “kekasih” lain atau mungkin tidak setia
  6. Melecehkan orang lain di depan umum, terkadang sampai ditegur atau ditangkap oleh penegak hukum
  7. Kehilangan minat pada aktivitas selain membicarakan orang lain atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengannya
  8. Erotomania bisa memburuk secara tiba-tiba atau menunjukkan gejala lain seperti gangguan bipolar. Hal itu bisa terjadi saat penderita sudah mengalami erotomania dalam jangka waktu yang lama, bisa juga sebentar seperti gangguan psikotik.

 

Dilansir dari laman Healthline, beberapa ciri gangguan bipolar yang bisa muncul adalah: Memiliki jumlah energi yang tidak biasa Tidak bisa tidur Terlibat dalam lebih banyak aktivitas daripada biasanya Berbicara dengan cepat tentang berbagai topik berbeda dalam waktu singkat

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x