Selain Masker, Perlukah Pakai Kacamata untuk Lindungi Diri dari Covid-19?

- 2 Agustus 2020, 20:10 WIB
ILUSTRASI masker kain.* /PIXABAY/

RINGTIMES BANYUWANGI - Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, selain menjaga kebersihan diri, melindungi diri menjadi salah satu hal penting.

Selain masker dan pelindung wajah, perlukah Anda sampai mengenakan kacamata untuk melindungi diri dari Covid-19?

Anthony Fauci, MD, penasihat Gedung Putih sekaligus direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular mengatakan bahwa kacamata atau pelindung mata selain masker mungkin disarankan.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Minggu, 2 Agustus 2020 TRANS 7: On The Spot

"Secara teoritis, Anda harus melindungi semua permukaan mukosa," katanya. Jadi, jika Anda memiliki kacamata atau pelindung mata, kamu harus menggunakannya," kata dia selama wawancara di Instagram Live dengan ABC, seperti dikutip ringtimesbanyuwangi.com dari Antara, Minggu.

Pakar penyakit menular Amesh A. Adalja mengatakan, mata perlu dilindungi dari paparan virus karena ada selaput lendir di sana.

Menurut dia, pada dasarnya jika tetesan air batuk atau bersin seseorang yang terinfeksi Covid-19 masuk ke mata orang lain, ada kemungkinan orang ini juga bisa terinfeksi.

Baca Juga: Bamsoet Ingin Warga Sipil Boleh Punya Pistol, Warganet Meradang: Jangan Ngawur Pak!

"Kami memiliki laporan kasus orang yang terinfeksi karena kurangnya perlindungan mata, karena alasan inilah petugas layanan kesehatan memakai pelindung mata ketika mereka merawat pasien dengan Covid-19," kata dia.

Selain itu, orang bisa terinfeksi melalui mata saat menyentuh atau menggosoknya, sementara dia tidak tahu ada virus penyebab Covid-19 di tangannya.

Halaman:

Editor: Firda Marta Rositasari

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X