Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Telah Diduga Sebagai Tersangka Utama Pembunuhan

- 13 Juli 2020, 17:08 WIB
Pangeran Mohammed bin Salman.*/REUTERS /

RINGTIMES BANYUWANGI- Pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul pada 2018 lalu yang menjadi tersangka pembunuh utama iallah Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS)

Senin (13/7/2020) telah terungkap karena pelapor khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Agnes Callamard.

Seperti diketahui Agnes Callamard adalah orang yang ditugaskan PBB untuk melakukan penyelidikan khusus kasus tersebut.

Baca Juga: Gus Kamil Putra Mbah Moen Berpulang, Hasil Swab Test Belum Keluar

Dalam wawancara dengan Anadolu Agency, pelapor khusus PBB untuk tindakan di luar pengadilan itu mengatakan meski tidak memiliki bukti terhadap MBS, tetapi dalam hal perintah dan menghasut pembunuhan, dia merupakan tersangka utama.

"Begini, saya pikir dia adalah tersangka utama dalam hal menentukan siapa yang memerintahkan atau yang menghasut pembunuhan. Dia ada dalam gambar. Secara pribadi, saya tak memiliki bukti yang menyebutnya memerintahkan kejahatan," kata Callamard, yang juga pengacara hak asasi manusia.

Ia mengatakan, bukti tidak langsung menunjukkan bahwa kejahatan seperti itu tidak mungkin terjadi tanpa kontribusi MBS.

"Saya percaya bahwa menurut informasi yang diberikan lebih dari setahun yang lalu, CIA (Badan Intelijen Amerika Serikat) mungkin memiliki informasi ini," katanya.

Artikel ini sebelumnya telah terbit di Galamedia dengan judul PBB Sebut Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Tersangka Utama Pembunuhan

Callamard pun menilai persidangan kasus tersebut di Turki yang digelar secara in absentia, karena Arab Saudi tidak ingin para terdakwa dihadirkan. Meski begitu, Callamard berpendapat persidangan di Turki lebih adil daripada di Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Sophia Tri Rahayu

Sumber: Galamedianews


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X