Negara Kaya Alami Bencana Moral, Kepala UNICEF: Penting dan Darurat

- 28 Mei 2021, 17:01 WIB
Direktur eksekutif UNICEF Henrietta Fore
Direktur eksekutif UNICEF Henrietta Fore /REUTERS/Andreas Gebert/

RINGTIMES BANYUWANGI – Kesenjangan vaksin di berbagai belahan dunia mulai dirasakan oleh masyarakat utamanya masyarakat di negara-negara berkembang.

UNICEF mendesak negara-negara kaya yang tergolong dalam negara G7 untuk berbagi dosis vaksin kepada negara-negara berkembang yang mengalami kekurangan vaksin ditengah lonjakan kasus Covid-19.

Kepala UNICEF mendesak agar negara kaya segera melakukan skema berbagi vaksin COVAX sebagai tindkan darurat bagi India.

Dilansir Ringtimesbanyuwangi.com dari Antara pada 28 Mei 2021, India mengalami kekurangan pasokan vaksin hingga 140 juta dosis hingga akhir Mei, serta kekurangan 190 juta dosis hingga akhir Juni nanti.

Baca Juga: Bill Gates Tak Mau Bagi Resep Vaksin Covid-19 ke India, Saat Tsunami Covid-19 Melanda

“Berbagi dosis berlebih yang tersedia dengan segera adalah langkah penghentian kesenjangan minimum, penting dan darurat, dan itu diperlukan saat ini,” ucap Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta Fore.

"Dan mereka dapat melakukan ini sambil tetap memenuhi komitmen vaksinasi mereka untuk populasi mereka sendiri," kata direktur UNICEF Henrietta Fore sebagaimana dikutip Ringtimesbanyuwangi.com dari France 24.

Atas kesenjangan vaksin yang terjadi, Kepala WHO bahkan menyebut negara-negara kaya mengalami bencana moral dan ketidakadilan distribusi vaksin.

Kepala WHO mendesak negara-negara kaya segera menyumbangkan dosis vaksin Covid-19 bagi anak yang rentan.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: ANTARA France 24


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x