Polemik Pembatalan Haji 2021 Semakin Memanas, Ridwan Kamil: Cobalah Sekali Lagi Melobi

- 10 Juni 2021, 18:16 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut menanggapi polemik pembatalan keberangkatan haji 2021 yang belum juga usai.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut menanggapi polemik pembatalan keberangkatan haji 2021 yang belum juga usai. /Instagram/@ridwankamil

RINGTIMES BANYUWANGI – Polemik pembatalan keberangkatan haji 2021 terus menaui kritik dari banyak pihak, salah satunya datang dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Seperti yang telah disampaikan oleh pemerintah, Indonesia memutuskan untuk membatalkan keberangkatan haji 2021 ini karena masih adanya kasus Covid-19 yang melanda.

Meskipun begitu, kesempatan untuk melakukan ibadah tersebut bagi para jemaah haji dari Indonesia masih dibuka kesempatannya oleh pemerintah Arab Saudi.

Baca Juga: Singgung Pembatalan Haji hingga Dihujat Habis-habisan, Netizen: UAS Dakwahnya Menghasut

Adapun syaratnya adalah harus bebas dari Covid-19 dan sudah melaksanakan vaksin sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

Menanggapi hal tersebut, Ridwan Kamil sampai memohon kepada pemerintah pusat untuk sekiranya bersedia melakukan kajian ulang terkait keputusannya dalam pembatalan keberangkatan haji 2021.

"Jika masih ada waktu dan kesempatan, saya memohon kepada pemerintah pusat cobalah sekali lagi melobi. Saya meyakini pemerintah Saudi adalah sahabat bangsa Indonesia," kata Ridwan Kamil dikutip dari Pikiran-Rakyat.com.

Baca Juga: Calon Jamaah Haji Gagal Ke Tanah Suci Seumur Hidup Jika Menarik Dana Setoran, Cek Fakta

Ridwan Kamil juga menyampaikan bahwa calon jemaah haji dari Indonesia bisa berangkat untuk melakukan ibadah haji asalkan sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

Hal itu tentu juga asalkan pihak Indonesia bisa meyakinkan pemerintah Arab Saudi terkait kesehatan, keselamatan, dan keamanan calon jemaah haji.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah