Nihil Bukti Ilmiah, Pemerintah Tetap Produksi 3 Obat Demi Tangani Covid-19

- 18 Juli 2021, 08:13 WIB
Pemerintah tetap produksi 3 jenis obat untuk tangani Covid-19 meski nihil bukti ilmiah.
Pemerintah tetap produksi 3 jenis obat untuk tangani Covid-19 meski nihil bukti ilmiah. /Pixabay/ Padrinan

RINGTIMES BANYUWANGI – Pemerintah memproduksi 3 jenis obat secara masif untuk menangani Covid-19 sementara nihil bukti ilmiah.

Tiga jenis obat yang dikabarkan diproduksi pemerintah untuk tangani Covid-19 itu ialah oseltamivir, favipiravir, dan remdesivir, dimana ketiganya belum terbukti secara ilmiah bisa mengobati Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Epidomolog Universitas Indonesia dr. Pandu Riono mempertanyakan produksi 3 jenis obat yang dilakukan pemerintah namun nihil bukti ilmiah tersebut.

Baca Juga: Delegasi Nigeria Jadi Orang Pertama yang Dirawat Karena Covid-19 pada Olimpiade Tokyo 2020

Pemerintah berusaha memproduksi obat yang diklaim bisa menjadi terapi bagi pasien Covid-9 utamanya yang melakukan isolasi mandiri dan susah mendapat penangakan.

Sempat langka, akhir pemerintah Indonesia memilih untuk produksi massif 3 jenis obat tersebut demi ketersediaan bagi pasien Covid-19.

Saat pemerintah tengah sibuk memproduksi obat tersebut dalam jumlah besar, organisasi kesehatan dunia WHO justru tidak menyarankan jenis obat tersebut.

Baca Juga: Nakes Positif Covid-19 Diusir, DPR Sentil Bupati Ngawi dan Khofifah

WHO menyebutkan obat seperti oseltamivir, favipiravir dan remdesivir belum terbukti ilmiah untuk bisa menyembuhkan virus Covid-19 varian apapun.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x