Cara Cancel Tiket Kereta Api Sambil di Rumah, Pakai Aplikasi Resmi

- 21 Juli 2021, 07:42 WIB
Cara cancel tiket kereta api pakai aplikasi resmi PT KAI penting untuk calon penumpang yang mau melakukan pembatalan tiket KAI sambil di rumah.
Cara cancel tiket kereta api pakai aplikasi resmi PT KAI penting untuk calon penumpang yang mau melakukan pembatalan tiket KAI sambil di rumah. /PT KAI


RINGTIMES BANYUWANGI - Cara cancel tiket kereta api bisa dilakukan dengan dua cara, yakni dua pilihan cara bagi calon penumpang dalam melakukan pembatalan tiket KAI.

Cara cancel tiket kereta api bisa dilakukan dengan datang langsung ke stasiun keberangkatan atau cara yang lebih praktis dan dianjurkan saat ini, pembatalan tiket KAI menggunakan aplikasi HP KAI Access.

Cara cancel tiket kereta api menggunakan aplikasi HP KAI Access cocok untuk yang sudah lancar mamakai gawai dan lebih dianjurkan karena saat ini masyarakat dianjurkan untuk tidak sering keluar rumah.

Baca Juga: Pembatalan Tiket Kereta Api di Stasiun Keberangkatan, Sebaiknya Tidak Diwakilkan

Dilansir dari laman resmi KAI, Selasa 20 Juli 2021, berikut tahap proses cara cancel tiket kereta api menggunakan aplikasi HP KAI Access.

Cara Cancel Tiket Kereta Api dengan Aplikasi HP KAI Access

1. Install aplikasi KAI Access di HP lalu membuat akun baru dengan menu registrasi atau login bagi yang sudah memiliki akun.

2. Tiket yang dibeli melalui aplikasi KAI Access bisa dibatalkan langsung dengan memilih menu Pembatalan yang ada di aplikasi.

Baca Juga: 10 Arti Mimpi Naik Kereta Api, Pertanda Baik Hingga Kesedihan

3. Cara cancel tiket kereta api yang belinya di luar aplikasi KAI Access, pilih menu Tambahkan Tiket, lalu masukkan kode pemesanan (booking) atau kode pembayaran, kemudian pastikan data identitas calon penumpang benar.

4. Cara cancel tiket kereta api yang belinya di luar aplikasi KAI Access, selanjutnya kembali ke beranda dan pilih menu Pembatalan.

5. Pembatalan tiket KAI di bagian menu Pembatalan terdapat daftar tiket yang bisa dibatalkan, kemudian pilih tiket yang akan dibatalkan.

Baca Juga: Mencoba Sensasi Menegangkan Ala Harry Potter di Kereta Sihir dengan Hogwarts Express

6. Muncul detail tiket yang akan dibatalkan untuk diperiksa lagi apakah datanya sudah sesuai dengan yang ingin dibatalkan. Bila data sudah sesuai dan benar, tekan tombol Pembatalan.

7. Pilih penumpang-penumpang dalam tiket itu yang ingin dilakukan pembatalan tiket KAI.

8. Muncul halaman dengan kolom isian data rekening bank pengembalian dana tiket yang sudah dibatalkan.

9. Muncul halaman yang menampilkan seluruh informasi lengkap pembatalan tiket KAI tersebut untuk dicek dan dikonfirmasi setelah dipastikan sesuai.

Baca Juga: Bali Dikabarkan Segera Miliki Kereta Tanpa Rel, Didiek Sebut Secara Investasi Lebih Murah

10. Pembatalan tiket KAI yang sudah berhasil akan tersimpan dan nampak di menu Riwayat dalam aplikasi KAI Access.

Cara cancel tiket kereta api di atas bisa membantu calon penumpang yang membatalkan perjalananannya, memiliki akses ke aplikasi gawai untuk melakukan pembatalan tiket KAI.

Cara cancel tiket kereta api di atas juga bisa diterapkan calon penumpang yang keberangkatannya dibatalkan sepihak oleh PT KAI karena kebijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.***

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x