Insinyur Angkatan Laut Amerika Serikat Bocorkan Rahasia Militer Sensitif AS kepada Agen FBI

- 12 Oktober 2021, 16:44 WIB
Seorang insinyur angkatan laut Amerika Serikat membocorkan sebuah rahasia militer AS. Ia melakukan aksinya bersama sang istri.
Seorang insinyur angkatan laut Amerika Serikat membocorkan sebuah rahasia militer AS. Ia melakukan aksinya bersama sang istri. /REUTERS/Omar Sobhani/REUTERS

RINGTIMES BANYUWANGI – Rahasia besar milik militer AS dikabarkan telah bocor dari seorang insinyurAngkatan Laut Amerika Serikat yang menjual rahasia kapal selam nuklir AS pada 10 Oktober 2021.

Insinyur tersebut menjual rahasia kepal selam nuklir AS tersebut kepada seorang pejabat asing namun menyamar sebagai agen FBI.

Kebocoran rahasia penting dari sebuah negara akhir-akhir ini menjadi hal yang paling ditakutkan. Terlebih jika yang mengalami kebocoran adalah negara-negara maju.

Baca Juga: China Pinta AS Hapus Tarif Dagang, Pemerintah Berencana Tinjau Ulang Negosiasi

Dilansir dari ZonaJakarta melalui Aljazeera, menurut catatan pengadilan yang dibuka pada hari Minggu, insinyur yang diketahui bernama Jonathan Toebbe dan istrinya, Diana Toebbe itu ditangkap dan didakwa melanggar Undang-Undang Energi Atom.

Tak hanya itu, dugaan lain yang didakwakan kepada keduanya adalah percobaan untuk menjual desain kapal perang bertenaga nuklir kepada seseorang yang diyakini sebagai pejabat asing di negaranya.

Selama hampir setahun lamanya, Toebbe diketahui berkomunikasi dengan agen FBI hingga menyampaikan rahasia militer sensitif. Hal tersebut diungkap oleh Departemen.

Pada bulan Desember 2020, seorang pejabat  FBI menerima paket dari seseorang yang mencoba membangun “hubungan rahasia” dengan perwakilan dari negara asing, yang diidentifikasi hanya sebagai “NEGARA1” dalam dokumen pengadilan.

Baca Juga: Laut Natuna Sempat Mencekam, Kapal Selam AS Alami Kecelakaan

Toebbe telah mencantumkan alamat pengirim di Pittsburgh, Pennsylvania, yang berisi contoh data terbatas dan instruksi untuk menjalin hubungan rahasia guna memperoleh informasi tambahan.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Zona Jakarta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x