Peringatan Tsunami Dini Wilayah Maluku Berakhir, Masyarakat Diminta Waspada Gempa Susulan

- 14 Desember 2021, 17:17 WIB
Peringatan Tsunami Dini di wilayah Maluku, NTT, NTB, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara oleh BMKG dinyatakan berakhir pukul 13.00 WITA.
Peringatan Tsunami Dini di wilayah Maluku, NTT, NTB, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara oleh BMKG dinyatakan berakhir pukul 13.00 WITA. /tangkapan layar Youtube BMKG/

RINGTIMES BANYUWANGI - Peringatan tsunami dini di wilayah Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara oleh BMKG dinyatakan berakhir pada pukul 13.00 WITA.

Namun, masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap gempa susulan yang terjadi.

Kepala BMKG Indonesia Dwikorita Karnawati pada konferensi live Youtube BMKG mengatakan gempa-gempa susulan memang cenderung melemah. Gempa susulan tercatat terjadi mulai pukul 12.40 WITA.

“Tercatat bahwa ada 15 aktivitas gempa susulan dengan kekuatan mencapai 5,6 R,” jelasnya.

Baca Juga: Gempa M 7,5 Guncang NTT, NTB, Sulsel, Sultra, dan Maluku, BMKG Beri Peringatan Dini Tsunami

Meski kekuatan gempa cenderung melemah, pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap waspada. Terutama tidak panik oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Untuk mendapatkan informasi yang akurat, BMKG meminta masyarakat untuk memantau kanal-kanal informasi resmi dari BMKG dari IG, Twitter, maupun aplikasi resmi dari BMKG.

BMKG juga merekomendasikan masyarakat untuk memastikan bangunan masing-masing sebelum masuk rumah. Apakah bangunan tempat bernaung memiliki konstruksi yang tahan gempa.

Baca Juga: Gempa Bumi di Alaska, Diperkirakan Berdampak ke Papua Indonesia

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x