UMKM Kerupuk di Desa Kedaleman Banyuwangi Terhambat karena Pandemi Covid-19

- 24 Maret 2022, 17:11 WIB
Desa Kedaleman di Banyuwangi adalah salah satu daerah yang terdampak pandemi. UMKM kerupuk sempat terhambat.
Desa Kedaleman di Banyuwangi adalah salah satu daerah yang terdampak pandemi. UMKM kerupuk sempat terhambat. /Ringtimes Banyuwangi/Galih Ferdiansyah/

RINGTIMES BANYUWANGI - Desa Kedaleman adalah daerah yang terletak di Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi. Diketahui selama pandemi Covid-19 berlangsung, tak sedikit usaha dan kegiatan warga yang terhenti bahkan vakum.

Salah satunya adalah usaha produksi kerupuk yang terhenti karena faktor pandemi dan cuaca.

Seperti diketahui, saat ini curah hujan sedang tinggi bahkan hampir setiap hari mengguyur di sejumlah desa maupun kecamatan di Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga: Mengenal Produksi Batik di Desa Kedaleman Banyuwangi, Ada Banyak Motif Khas Kota Gandrung

"Pengeringannya nggak tentu, sehingga sedikit terhambat," ucap Budiono selaku Sekretaris Desa Kedaleman saat dikonfirmasi, Kamis, 24 Maret 2022.

Tak hanya itu, Budiono menambahkan, jika beberapa tahun sebelum pandemi, produksi kerupuk di Desa Kedaleman sempat dikirimkan ke luar Kabupaten Banyuwangi. Misalnya seperti Bantul yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam penuturannya, Desa Kedaleman memiliki tiga tempat produksi kerupuk, yakni dua di Dusun Kepatihan dan satu di Dusun Puspan.

Diketahui Dusun Puspan mengirimkan produk matang yang sudah digoreng, sedangkan di dua tempat lainnya mengirim produk siap goreng. 

Baca Juga: Sambut Bulan Ramadhan, Pedagang di Pasar Rogojampi Banyuwangi Siapkan Kue Lebaran

Sebelum pandemi, kerupuk bisa diproduksi hampir setiap hari. Namun, kini produksinya sedikit menurun karena pandemi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x