TPS3R Berhasil Ekspor 6 Ton Sampah Olahan Banyuwangi ke Austria Untuk Pertam Kalinya

- 14 April 2022, 21:10 WIB
 Lima tahun beroperasi, Tempat Pengolahan Sampah TPS3R Banyuwangi bisa dibilang berhasil melakukan pengelolaan sampah
Lima tahun beroperasi, Tempat Pengolahan Sampah TPS3R Banyuwangi bisa dibilang berhasil melakukan pengelolaan sampah /Moch. Rifqi Wildan/Cepretan dari tempat pengolahan

RINGTIMES BANYUWANGI - Lima tahun beroperasi Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Bio Mandiri Lestari di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar Banyuwangi telah berhasil melakukan pengelolaan sampah di wilayahnya.

Selain sebagai pengendali meluapnya aliran air, TPS3R juga telah berhasil mengekspor sampah hasil olahan.

Dikembangkan sejak 2018, TPS3R mengadaptasi sistem sirkular. Di TPS3R, sampah dipilah secara langsung oleh mitra yang berasal dari rumah tangga.

Sampah tersebut kemudian dikelola di TPS3R. Baik yang organik maupun non-organik. Setiap bulannya, rata-rata sampah yang dikelola mencapai 270 ton.

Baca Juga: Kunjungi TPS3R Banyuwangi, Menko Marvest Ajak Memperluas Penanganan Sampah Berbasis Sirkular

Sambah sebanyak 270 ton itu berasal dari 7500 rumah tangga di empat desa di Kecamatan Muncar.

Manager TPS3R Bio Mandiri Lestari Nungky Rosalina menjelaskan bahwa produk pengelolaan sampah di TPS3R sendiri berupa organik dan non-organik.

Sampah organik diolah menjadi pupuk organik dan ulat maggot. Sedangkan yang sampah non-plastik dipilah berdasarkan jenisnya. Seperti botol, kresek, plastik keras dan sejenisnya.

“Sampah plastik yang kami kelola itu ada yang kami ekspor ke perusahaan EcoPlast Kunstsoff Recycling yang berbasis di Wildon, Austria. Pada 21 Maret 2022 lalu kami ekspor perdana sebanyak 6 ton. Sampahnya yang diekspor jenis plastik yg keras (PE),” jelas Nungky pada Minggu, 10 April 2022.

Baca Juga: Dinas Pengairan Banyuwangi Lakukan Inovasi Paranet Vertical Garden untuk Cegah Orang Buang Sampah di Sungai

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x