Luhut Binsar Panjaitan Kunjungi TPS di Banyuwangi, Ungkap Memisahkan Sampah Itu Penting

- 19 Maret 2022, 16:38 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi tempat pengelolaan sampah di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi tempat pengelolaan sampah di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. /Ringtimes Banyuwangi.

RINGTIMES BANYUWANGI - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan melakukan peninjauan TPS (Tempat Pengelolaan Sampah) di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.

Pada kesempatan tersebut, Menko Luhut yang ditemani Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani menyaksikan langsung proses pengolahan sampah organik dan anorganik.

Menko Luhut menyampaikan bahwa pemilahan sampah dari organik dan anorganik menjadi solusi untuk mengentaskan permasalahan mengurangi volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Baca Juga: Kunjungan Luhut Binsar Panjaitan dalam Rangka Meninjau Proses Pengolahan Sampah di Banyuwangi

"Penting sekali untuk memisahkan sampah supaya tidak menumpuk di TPA," kata Luhut di Taman Suropati Banyuwangi, 19 Maret 2022.

Terkait penanganan sampah memang perlu diperhatikan karena masih ada banyak yang belum tertangani hingga tuntas.

Saat ini, sampah yang dikelola Desa Tembokrejo rata-rata 277 ton per bulan dari 400 ton total kapasitas Tempat Pengelolaan Sampah 3R (TPS3R).

Baca Juga: Warga di Banyuwangi Serbu Minyak Curah Hingga Antre Berjam-jam

Hasil pengelolaan sampah tersebut berupa kompos hingga kerajinan dan akan diekspor ke luar negeri.

Luhut menjelaskan, program pengolahan sampah juga diberlakukan di Bali.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x