Dinas Pengairan Banyuwangi Lakukan Inovasi Paranet Vertical Garden untuk Cegah Orang Buang Sampah di Sungai

- 12 April 2022, 11:00 WIB
Dinas Pengairan Banyuwangi melakukan inovasi Paranet Vertical Garden untuk mencegah orang yang membuang sampah di sungai.
Dinas Pengairan Banyuwangi melakukan inovasi Paranet Vertical Garden untuk mencegah orang yang membuang sampah di sungai. /Instagram.com/@dinaspengairanbwi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Banyuwangi melakukan inovasi paranet vertical garden dan terbukti efektif untuk mengurangi orang yang membuang sampah ke sungai.

Langkah ini sudah dilakukan di perlintasan jalan dengan sungai di utara Terminal Angkot Sasak Perot, Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah.

Dalam upaya tersebut, pembatas atau barrier yang berupa taman vertikal (Vertical Garden) mampu mencegah pengendara yang membuang sampah secara langsung ke sungai.

Baca Juga: Dinas PU CKPP Banyuwangi Siapkan Tim Khusus untuk Pemeliharaan RTH Secara Berkala

Terlihat kondisi sungai menjadi bersih dari sampah terutama kondisi pagar pembatas yang indah, ditambah banyaknya tumbuhan hidup dan subur.

Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi Guntur Priambodo melalui Sekretaris Dinas, Riza Al Fahroby menyampaikan, paranet vertical garden dipasang di titik rawan orang buang sampah.

Dinas Pengairan memiliki tujuan dalam pemasangan paranet Vertical Garden, yaitu menjadikan barrier atau menghalangi orang yang ingin membuang kresek berisi sampah ke sungai.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Memantau Langsung Acara Street Food Festival di Banyuwangi, Utamakan Kesehatan dan Kebersihan

"Karena dari yang kita lihat, sebagian orang itu dengan kendaraannya atau sepeda, mereka melempar kresek berisi sampah ke sungai. Dengan adanya ini, secara psikologis menjadi halangan untuk melempar. Tingkatnya sudah menurun bahkan sudah sangat minim," kata Riza.

Lanjutnya, selain mencegah orang membuang sampah ke sungai, juga menjadi inovasi untuk memperindah perlintasan jalan dengan sungai.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x