Dukung Ijen Geopark, ITB Bakal Riset dan Pengabdian Masyarakat di Banyuwangi

- 22 April 2022, 10:36 WIB
ITB akan mengadakan riset dan pengabdian masyarakat di Banyuwangi yang akan menjalin kerjasama dengan Geopark Ijen.
ITB akan mengadakan riset dan pengabdian masyarakat di Banyuwangi yang akan menjalin kerjasama dengan Geopark Ijen. /Rahmawati Setyoardinie/

RINGTIMES BANYUWANGI – Upaya Kabupaten Banyuwangi untuk mempersiapkan Geopark Ijen masuk dalam jaringan geopark dunia (UNESCO Global Geopark) mendapat dukungan dari sejumlah pihak.

Salah satunya datang dari Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) Institut Teknologi Bandung (ITB) yang akan menjalin kerjasama dengan Geopark Ijen untuk membantu riset dan pengabdian masyarakat setempat.

Sebanyak 10 orang mahasiswa S1 dan dosen dari ITB akan membantu Geopark Ijen dalam kerangka Program Pengabdian Masyarakat Kolaborasi.

Baca Juga: Lapas Banyuwangi Over Kapasitas Hingga 400 Persen, Wamenkumham Tawarkan Solusi: PP Nomor 99 Segera Direvisi

Mereka akan melakukan penelitian dan mencari bahan pembelajaran penerapan ilmu kebumian dalam geopark.

Mereka juga akan bergabung dengan warga setempat untuk menyusun pengembangan geowisata yang nantinya diharapkan bisa mendukung Geopark Ijen menuju Unesco Global Geopark.

"Sekitar Juni nanti mereka akan turun ke Banyuwangi. Mereka akan melakukan penelitian dan mencari bahan pembelajaran penerapan ilmu kebumian dalam geopark. Tentu ini akan menjadi “kekuatan baru” bagi kami, karena akan menambah lengkap penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai bagian persyaratan yang akan kami sodorkan ke UNESCO," jelas Ketua Geopark Ijen, Abdillah Baraas, Jumat (22 April 2022).

Baca Juga: Kunjungi Lapas kelas IIA Banyuwangi, Wamenkumham Apresiasi Kreasi Warga Binaan

Program ini nanti juga akan melibatkan sejumlah peneliti antara lain dari Program Studi Teknik Geologi ITB yaitu Dr. Eng. Mirzam Abdurrachman, Dr. Idham Andri Kurniawan (Kelompok Keahlian Petrologi, Volkanologi, dan Geokimia) dan Dr. rer. nat. Maria Sekar Proborukmi (Kelompok Keahlian Paleontologi dan Geologi Kuarter).

Sementara itu, Mirzam Abdurrachman, Ketua Program Studi Teknik Geologi ITB dan Ketua Riset PPMK Geopark Ijen-FITB ITB mengatakan, Program Pengabdian Masyarakat Kolaboratif (PPMK) yang digagas dan didanai oleh FITB merupakan satu dari tiga misi Tridharma Perguruan Tinggi dalam berkontribusi di masyarakat.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x