Melihat Dapur Ayam Pedas Rantinem Langganan Bupati Ipuk, Sehari Habiskan 100 Ekor Ayam Kampung

- 20 Mei 2022, 06:00 WIB
Bupati Ipuk Fiestiandani mengunjungi dapur ayam pedas Rantinem yang ada di Terminal Genteng  Banyuwangi.
Bupati Ipuk Fiestiandani mengunjungi dapur ayam pedas Rantinem yang ada di Terminal Genteng Banyuwangi. /Rahmawati Setyoardinie/

RINGTIMES BANYUWANGI - Bagi warga Banyuwangi, Ayam Pedas Rantinem, sudah tidak asing lagi. Nendangnya rasa pedas warung yang berada di Terminal Genteng, Kecamatan Genteng, Banyuwangi itu sudah tertanam di mulut para pelanggannya termasuk Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani.

Tidak hanya Ipuk yang ketagihan ayam pedas Rantinem, bupati periode sebelumnya, Abdullah Azwar Anas juga menjadi pelanggan warung ayam pedas yang buka sejak tahun 1970-an tersebut.

Di sela kegiatan Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa), Bupati Ipuk berkesempatan melihat langsung proses pembuatan di dapur Ayam Pedas Rantinem, di Desa Kaliploso, Kecamatan Cluring, Banyuwangi.

Baca Juga: Antisipasi PMK, Banyuwangi Gencarkan Surveilans dan Bagikan Vitamin Gratis ke Ternak

"Jadi di sini tempat membuat Ayam Pedas Rantinem. Saya suka rasanya, pedasnya super, tapi bikin ketagihan dan ingin kembali lagi," kata Ipuk.

Ipuk melihat langsung proses pembuatan, mulai membuat bumbu, membakar ayam, hingga merebus. Dan proses memasaknya masih menggunakan kayu bakar.

"Itu yang bikin khas rasanya. Ayamnya dibakar, juga masaknya masih di tungku kayu bakar. Aroma kayu bakarnya ini yang bikin khas," aku Ipuk.

Giyem, pengelola generasi kedua Ayam Pedas Rantinem mengatakan, untuk mempersingkat waktu seluruh pembuatan ayam pedas dilakukan di dapur yang juga kediaman Giyem. Setelah matang baru dikirim ke warung.

Baca Juga: Sambut Kebijakan Jokowi Soal Pelonggaran Masker, Bupati Ipuk: Rasakan Kesegaran Udara Banyuwangi

"Proses pembuatannya di sini. Setelah matang baru di bawa ke sana (warung di terminal Genteng), jadi tinggal disuguhkan," kata Giyem.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x