Inovatif dalam Ekosistem Pendidikan PGP Jadi Kunci Sukses Membangun SDM

- 15 Juli 2022, 21:45 WIB
PGP berperan penting dalam membangun SDM lebih berkualitas untuk generasi selanjutnya dengan inovasi seperti Irwan Fauzi.
PGP berperan penting dalam membangun SDM lebih berkualitas untuk generasi selanjutnya dengan inovasi seperti Irwan Fauzi. /Hasil Tangkapan Kamera Ponsel Wartawan Lapangan/

RINGTIMES BANYUWANGI - Program Guru Penggerak (PGP) yang dicanangkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Tekhnologi (Kemdikbud Ristek) tampaknya sukses dilaksanakan.

Bukti kesuksesan PGP adalah salah seorang alumni PGP bernama Irwan Fauzi SPd. Saat ini, dia telah menjadi tenaga pendidik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Gendoh, Kecamatan Sempu.

Irwan mengatakan bahwa peran seorang guru penggerak sangat penting untuk memberikan kualitas sumber daya manusia (SDM) lebih mumpuni.

Baca Juga: Kesigapan Polisi Banyuwangi dalam Menangani Kasus Pencurian Handphone

Sebab,  tujuan dari dibentuknya PGP adalah memberikan inovasi serta pendidikan karakter terhadap lingkungan sekolah agar lebih berkualitas.

Irwan juga mengatakan dengan adanya PGP, diharapkan akan membantu menyongsong SDM menjadi lebih mumpuni serta bertanggung jawab,” ungkapnya.

Selain dilatih untuk menjadi sosok yang inovatif dalam berbagai bidang, Irwan mengaku juga diajarkan untuk lebih disiplin dalam sikap dan tindakan.

Semua itu ditujukan untuk memberikan contoh kepada siswa-siswi dan seluruh tenaga pengajar.

Baca Juga: Menengok Kampung Koi Banyuwangi, Naik Kelas Berkat Jagoan Tani

“Selain dididik menjadi seorang yang inovatif, guru penggerak juga diharuskan untuk menjadi contoh tenaga pengajar yang lain agar lebih baik,” ujar Irwan.

Halaman:

Editor: Rika Wulandari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x