Sambut Tahun Baru Hijriah, Bupati Ipuk Jalan Keliling Pawai Obor Bareng Warga

- 30 Juli 2022, 12:17 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani sambut Tahun Baru Hijriah dengan mengikuti keliling pawai obor bareng warga.
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani sambut Tahun Baru Hijriah dengan mengikuti keliling pawai obor bareng warga. /Dok. Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI – Momentum Tahun Baru Hijriah disambut meriah oleh warga Banyuwangi. Salah satunya lewat tradisi “oncor-oncoran” alias berkeliling kampung dengan mengarak obor.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengikuti tradisi ini bareng warga di Lingkungan Baluk, Kelurahan Kebalenan, yang tak lain adalah wilayah tempat tinggalnya.

Pada Jumat 29 Juli 2022 malam, Ipuk bersama ratusan tetangganya di Lingkungan Baluk berjalan berkeliling sambil membawa obor dari halaman Masjid Darul Falah dan berakhir di tempat yang sama.

 Baca Juga: Warga Dusun Sidomulyo Jambewangi Banyuwangi Gelar Gebyar 2.500 Takir Peringati Malam Satu Suro

Warga tumpek-blek. Rombongan membentang lebih dari 100 meter. Nyala obor membuat suasana menjadi indah. Mereka berkeliling kampung dengan jarak sekitar 3 kilometer.

Bupati Ipuk melempar guyonan yang disambut tawa ceria warga. Suasana begitu meriah. Warga guyub bercengkerama bersama.

“Assalamualaikum Mak Ipuk, mak isun, bupati hang hun sayangi (bupati yang saya sayangi),” teriak warga membuka acara.

 Baca Juga: Bupati Ipuk Ajak Muslimat NU Sinergi Bangun Banyuwangi

“Alhamdulillah, semua warga guyub. Laki-laki perempuan, tua muda, hingga anak-anak bergembira bersama, menyiapkan pawai ini bersama-sama. Warga Baluk memang top,” puji Ipuk.

Pawai ini diawali doa bersama di masjid seusai salat Magrib. Tak kurang dari seribu orang yang memadati halaman masjid hingga meluber ke jalan raya.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x