Jarak Bukan Hambatan Peserta JKN Ini Untuk Berobat

- 12 September 2022, 20:00 WIB
Suinah seorang wanita yang berusia 65 peserta JKN ini tidak punya hambatan untuk membawa suaminya berobat ke FKTP.
Suinah seorang wanita yang berusia 65 peserta JKN ini tidak punya hambatan untuk membawa suaminya berobat ke FKTP. /BPJS Kesehatan Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI - Setiap orang pasti mengharapkan kesembuhan jika ada keluarganya yang jatuh sakit, terkadang apapun dilakukan untuk bisa mendapatkan kesembuhan itu.

Seperti kisah Suinah (65), Jarak dari rumahnya ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdekat sejauh 17 kilometer, Adapun FKTP satu-satunya itu adalah Puskesmas Sempol.

Wilayah tersebut berada di kaki gunung Ijen dan sangat jauh dari pusat kota. Kendati demikian, Jarak bukan menjadi sebuah alasan Suinah untuk membawa suaminya berobat ke FKTP.

Baca Juga: Program JKN Adalah Kemudahan yang Sangat Nyata

Kala itu, suaminya merasakan hal yang tidak biasanya di dalam tubuhnya ketika ia baru selesai berkunjung dari pusat kota.

“Saya dari rumah ke puskesmas kalau naik motor bisa satu jam perjalanan, ditambah kondisi jalannya yang bergelombang. Bapak kalau berobat dibonceng sama motor biar cepat sampai ke puskesmas,” ujar Suinah.

Kendati demikian, ia tidak mengeluhkan hal tersebut karena biaya pengobatannya sudah ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan.

Ia dan keluarganya juga sudah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari segmen mandiri kelas tiga.

Baca Juga: Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Pastikan Sistem Autodebet Bank Jatim Berjalan Baik

“Walaupun harus menempuh jarak yang jauh, tapi itu bukan sebuah kendala buat kami, yang penting bapak bisa sembuh lagi dan saat pulang tidak ada biaya apapun lagi, soalnya satu keluarga sudah terdaftar yang kelas dua,” katanya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x