Peringati Harjaba, Warga Kabat Lakoni Napak Tilas Kerajaan Blambangan

- 24 Desember 2022, 21:16 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestandani (tengah) menyapa warga
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestandani (tengah) menyapa warga /

RINGTIMESBANYUWANGI- Ratusan warga Kecamatan Kabat menggelar napak tilas Kerajaan Blambangan dalam rangka memperingati Hari Jadi Banyuwangi ke-251 pada Sabtu, 24 Desember 2022.

Napak tilas cikal bakal Banyuwangi itu dijalankan dengan menelusuri jalur sejauh 5 kilometer dari Kantor Desa Bunder dan berujung di Situs Petilasan Prabu Tawangalun di Desa Gombolirang.

Dalam kesempatan ini, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang hadir juga turut menyapa para peserta napak tilas.

Ipuk mengapresiasi kegiatan tersebut karena disebutnya penting untuk menanamkan kesadaran sejarah dan kecintaan pada kampung halaman.

“Napak tilas ini mengajak anak muda agar mereka tetap mengenal sejarah Banyuwangi. Perlu mengajak mereka untuk menelusuri bekas kejayaan berdirinya bangunan peninggalan Kerajaan Blambangan seperti Petilasan Prabu Tawangalun ini,” katanya.

Baca Juga: Natal 2022, Lapas Banyuwangi Beri Remisi kepada 12 Narapidana

Ipuk menambahkan dengan diadakannya Napak Tilas Petilasan Prabu Tawangalun sebagai wisata edukasi sejarah akan memperlengkap konsep wisata di Kabupaten Banyuwangi.

“Wisata di Banyuwangi akan makin beragam dan ini diharapkan akan bisa menjadi daya tarik sendiri. Wisatawan jaman sekarang ini banyak yang tertarik dengan story suatu daerah yang dikunjungi,” ujarnya.

“Banyuwangi mempunyai wisata alam, wisata budaya, wisata religi, dan sekarang wisata edukasi sejarah yang ada di Kecamatan Kabat,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x