Demi Kelancaran Acara Resmi di Banyuwangi, Dinas Perhubungan Banyuwangi Melakukan Penyekatan Lalu Lintas

- 6 Januari 2023, 10:30 WIB
Penjelasan oleh Hendra Lesmana Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Banyuwangi terkait wilayah di Banyuwangi yang memiliki CCTV untuk lalin.
Penjelasan oleh Hendra Lesmana Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Banyuwangi terkait wilayah di Banyuwangi yang memiliki CCTV untuk lalin. /Balighotul Hikmah / Ringtimes Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI, Dinas Perhubungan Banyuwangi berupaya menghindari kemacetan lalu lintas saat Banyuwangi mengadakan acara-acara resmi. Pengaturan lalu lintas dilakukan bersama dengan Kapolresta Banyuwangi.

Bahkan selama Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Dinas Perhubungan Banyuwangi bersama polisi dan Satpol PP melaksanakan apel sejak sore di Mapolresta. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas selama saat terdapat acara resmi di Taman Blambangan.

Penyekatan dilakukan dibeberapa titik untuk mengatur lalu lintas agar tetap kondusif. “Perlu dilakukan flashing di daerah rawan macet sehingga lalu lintas dapat berjalan lebih lancar”, kata Hendra Lesmana selaku Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Banyuwangi.

Baca Juga: Lantik 125 Anggota PPK Banyuwangi, Bupati Ipuk: Jalankan Tugas dengan Amanah

Flashing adalah mematikan lampu merah dengan mengganti cahaya menjadi oren yang kelap kelip. Tujuannya pengendara dapat bergantian untuk melalui jalan yang disediakan. Oleh karena itu, flashing dapat menjadi solusi mengurai kemacetan di titik rawan macet agar lebih lancar.

Pengaturan lalu lintas pada acara-cara resmi di Banyuwangi dilakukan dengan penyekatan. Adapun pengaturannya diatur dibawah koordinasi kepolisian. Penyekatan dilakukan dengan menutup Jalan Brawijaya, Gajah Mada, Sukowidi, dan sebagainya untuk kelancaran lalu lintas.

Menurut Hendra, jumlah personil yang dikerahkan sebanyak 50 personil. “Penyekatan dilakukan secara shift sebab perlu dipantau selama 24 jam sehingga tiap posko penyekatan terdiri dari 2 personil”, jelas Hendra Lesmana.

Baca Juga: Kebut Turunkan Angka Stunting, Banyuwangi Siapkan Program Nutrisi Baduta

Sedangkan rencana pengaturan lalu lintas untuk acara Tradisi Islam Nusantara pada tanggal 9 Januari 2023 di Stadion Diponegoro Banyuwangi masih dirapatkan. Rapat dilakukan antara Dinas Perhubungan dan pihak kepolisian Banyuwangi melalui pengawasan yang ketat.

Untuk pengamanan di dalam dan di luar Stadion Diponegoro Banyuwangi, rencananya wilayah simpang lima akan ditutup dengan menyesuaikan perintah atasan. Bahkan selama Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) di Lapangan Blambangan yang digelar tanggal 18 Desember 2022, pengaturan lalu lintas dilakukan sejak pagi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x