Rayakan Galungan, PHDI Kecamatan Banyuwangi Serukan Kerukunan

- 5 Januari 2023, 08:54 WIB
Ketua PHDI Kecamatan Banyuwangi (paling kiri) bersama para tokoh adat bersiap melakukan persembahyangan.
Ketua PHDI Kecamatan Banyuwangi (paling kiri) bersama para tokoh adat bersiap melakukan persembahyangan. /Fitri Anggiawati / Ringtimes Banyuwangi/Fitri Anggiawati / Ringtimes banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI- Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kecamatan Banyuwangi berpesan kepada umat agar senantiasa menjaga hubungan baik antar manusia.

Hal ini disampaikan oleh Ketua PHDI Kecamatan Banyuwangi, I Gusti Ngurah Gunawan kepada Ringtimes Banyuwangi pada perayaan Hari Raya Galungan.

“Selalu menjaga kerukunan antar umat dimana lingkungan kita berada,” ujar I Gusti pada 4 Januari 2023.

Baca Juga: Maknai Kemenangan Dharma, Galungan di Banyuwangi Berlangsung Khidmat

Digelar di Pura Jagat Girinatha yang berlokasi di  Jalan Letkol I Gusti Ngurah Rai No.18, Kelurahan Penganjuran, Kecamatan Banyuwangi dan disebut-sebut sebagai pura tertua di Pulau Jawa itu, acara berjalan lancar.

Upacara yang dimaknai sebagai kemenangan dharma melawan adharma atau kebaikan melawan keburukan ini diperingati setiap 210 hari sekali.

“Disini, umat yang terdaftar di Banjar Suka Duka ada 200 KK (Kepala Keluarga),” jelasnya mengenai umat yang mengikuti persembahyangan di Pura Jagat Girinatha.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara, Ada Danau di Sebelah Lepas Pantai? Bagian 2

Jumlah tersebut belum termasuk KK tak mendaftar karena banyak pula umat Hindu yang lebih memilih untuk merayakan hari besar dengan pulang ke kampung halaman.

“Ada yang kebanyakan Sabtu pulang, karena dekat dengan Bali. Itu yang menyebabkan tidak masuk daftar,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x