Maknai Kemenangan Dharma, Galungan di Banyuwangi Berlangsung Khidmat

- 5 Januari 2023, 08:46 WIB
Sekretaris Banjar Suka Duka, I Made Pasek Suparta bersiap memasuki pura
Sekretaris Banjar Suka Duka, I Made Pasek Suparta bersiap memasuki pura /Fitri Anggiawati / Ringtimes Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI- Perayaan Hari Raya Galungan berlangsung di Pura Jagat Girinatha Banyuwangi pada Rabu, 4 Januari 2023.

Upacara yang dipimpin Jro Mangku Gede Giri Parta serta dharma wacana yang disampaikan oleh Wayan Arta, sesepuh umat Hindu tersebut berlangsung khidmat.

Dalam peringatan ini, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kecamatan Banyuwangi, I Gusti Ngurah Gunawan memberikan pesan kepada seluruh umat Hindu yang tinggal di Banyuwangi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara, Ada Versi Mini dari Raja Ampat, Bagian 1

“Mari selalu ikuti arahan dari Pemerintah Daerah,” ujar I Gusti kepada Ringtimes Banyuwangi pada 4 Januari 2023.

Ia juga meminta seluruh umat untuk mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan pemerintah dengan tujuan agar umat senantiasa  menjaga diri serta lingkungan tempat tinggal.  

PHDI Kecamatan Banyuwangi sendiri menaungi tujuh kecamatan diantaranya Wongsorejo, Ketapang, Kalipuro, Giri, Glagah, Kota Banyuwangi, serta Kabat.

Baca Juga: Wisata Pantai Gumuk Kantong Muncar Banyuwangi, Ratusan Pohon Cemara Berjejer Indah

Dalam kesempatan ini, I Gusti juga turut menceritakan mengenai makna peringatan Hari Raya Galungan yang merupakan wujud kemenangan dharma melawan adharma, atau kebaikan menang melawan keburukan.

Di mana pas Budha Kliwon wuku Dunggulan umat merayakan serta menghaturkan puja dan puji syukur kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan YME).

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x