Apresiasi Festival Islam Nusantara, Jokowi: Terima Kasih Keluarga Besar NU

- 10 Januari 2023, 07:45 WIB
Presiden Jokowi berterima kasih kepada keluarga NU yang telah konsisten istiqomah ambil  peran sebagai penebar toleransi dan keharmonisan.
Presiden Jokowi berterima kasih kepada keluarga NU yang telah konsisten istiqomah ambil peran sebagai penebar toleransi dan keharmonisan. /Fitri Anggiawati / Ringtimes Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI- Presiden Joko Widodo memberikan pidato saat hadir dalam pagelaran Shalawat dan Festival Islam Nusantara yang juga sebagai peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU) pada Senin, 9 Januari 2023 di Stadion Diponegoro Banyuwangi.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi berterima kasih kepada keluarga NU yang menurutnya telah konsisten dan tetap istiqomah mengambil peran sebagai penebar toleransi, penebar kesejukan dan keharmonisan.

“(NU) selalu mengedepankan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basariyah serta berdiri terdepan dalam mengawal tegaknya NKRI,” tutur Jokowi.

Baca Juga: Masyarakat Antusias Sambut Presiden, Pengaturan Lalu Lintas Diberlakukan

Ukhuwah Islamiyah sendiri adalah gambaran tentang hubungan antara orang-orang Islam sebagai satu persaudaraan, dimana antara yang satu dengan yang lain seakan akan berada dalam satu ikatan.

Berikutnya Ukhuwah Wathaniyah yaitu sikap merasa saling bersaudara satu sama lain karena merupakan bagian dari bangsa yang satu, bangsa Indonesia. Ukhuwah ini tak dibatasi oleh sekat-sekat seperti agama, suku dan jenis kelamin.

Sementara Ukhuwah Basariyah adalah seseorang merasa saling bersaudara satu sama lain karena merupakan bagian dari umat manusia yang satu di berbagai penjuru dunia. Dalam hal ini, dasarnya adalah bahwa semua umat manusia sama-sama merupakan makhluk ciptaan Tuhan.

Baca Juga: Utamakan Ibadah, Peserta Festival Islam Nusantara Shalat Jamaah di Depan Panggung

Presiden Joko Widodo pun meminta umat dan  masyarakat agar senantiasa menjaga kearifan seni budaya Nusantara.

“Seni dan budaya bukan hanya tontonan, tapi juga mengandung pesan tuntunan hidup unuk selalu mengingat keagungan Allah SWT,” katanya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x