Dukung Program Patok Batas BPN, Bupati Ipuk: Permudah Warga Mendapat Sertipikat

- 3 Februari 2023, 19:40 WIB
Bupati Banyuwangi Dukung Program Patok Batas BPN
Bupati Banyuwangi Dukung Program Patok Batas BPN /

RINGTIMES BANYUWANGI– Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mendukung penuh Gerakan Masyarakat Pemasangan Patok Batas (Gemapatas) yang dicanangkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI.

Ipuk berharap dengan pemasangan patok ini akan mempermudah warga mendapatkan sertipikat hak atas tanahnya.  

“Dengan dipasang patok, batas-batas bidang tanah milik warga akan semakin jelas. Dan semoga dengan ini, langkah selanjutnya proses sertipikat tanah warga dilancarkan,” kata Ipuk dalam kegiatan Gemapatas di Desa Kedayunan, Kecamatan Kabat, Jumat, 3 Februari 2023.

Gerakan pemasangan 1 juta patok merupakan program nasional yang digagas Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Tujuannya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menandai tanah miliknya.

Gemapatas adalah rangkaian persiapan pelaksanaan kegiatan Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Terintegrasi Tahun 2023.

Pemasangan patok batas ini merupakan kewajiban masyarakat sebelum mendaftarkan tanahnya, sehingga petugas Kantor Pertanahan bisa lebih mudah dan cepat saat mengukur dan memetakan bidang tanahnya.

Baca Juga: Bupati dan Ribuan ASN Banyuwangi Kembali Geber Hari Belanja ke Pasar dan UMKM

“Semoga gerakan ini bisa semakin mempercepat, memperluas, dan meningkatkan kualitas pelaksanaan PTSL di Kabupaten Banyuwangi. Sehingga masyarakat bisa segera mendapatkan sertipikat, dan merasa lebih tenang karena telah mendapatkan jaminan kepastian hukum atas aset mereka,” harap Ipuk.

Patok batas bidang tanah tersebut nantinya akan dipasang oleh masing-masing pemilik tanah dengan persetujuan pemilik tanah yang berbatasan. Dengan terpasangnya patok batas bidang tanah, maka batas bidang tanah warga akan semakin jelas.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x