Lindungi Anak dari Kekerasan, Bupati Ipuk Beri Instruksi Khusus ke Kepala Sekolah

- 16 Februari 2023, 06:55 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam rakorda pencegahan kekerasan anak.
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam rakorda pencegahan kekerasan anak. /Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI- Upaya perlindungan anak menjadi perhatian serius para pemangku kebijakan di Kabupaten Banyuwangi.

Dalam rapat koordinasi di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Selasa, 14 Februari 2023 yang diikuti forkopimda dan lembaga pendidikan, mereka berkomitmen untuk melakukan aksi bersama sesuai dengan ruang lingkup kewenangan masing-masing.

"Mari bersama-sama berkolaborasi dan bersinergi menyelesaikan masalah ini. Tidak bekerja sendiri-sendiri. Tidak bergerak sendiri-sendiri," tegas Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Mengacu pada Peraturan Daerah tentang Kota Ramah Anak, ungkap Ipuk, Banyuwangi berkomitmen untuk melakukan serangkaian tindakan preventif guna mencegah perundungan, asusila dan tindak kekerasan lainnya pada anak.

“Salah satu yang menjadi konsern kami adalah di lembaga pendidikan. Untuk itu kami terus mendorong terwujudnya lembaga pendidikan ramah anak, peningkatan efektivitas pojok curhat guna memitigasi lebih awal terjadinya penyimpangan pada anak, serta sejumlah langkah terukur lainnya,” jelas Ipuk.

Baca Juga: Pantau Dampak Banjir, Bupati Ipuk Tegaskan Empat Hal

“Untuk itu, kami meminta institusi pendidikan lebih mengefektifkan pencegahan-pencegahan terkait kasus anak-anak. Jangan sampai justru masalah anak terjadi di lingkup pendidikan,” imbuh Ipuk.

Sebagaimana diketahui, dalam rapat tersebut dihadiri forkopimda, dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (SKPD). Antara lain Komandan Kodim 0825 Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadan; Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Anshori.

Juga dihadiri Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Moh Amak Burhanudin, dan Anggota DPRD Ma’rifatul Kamila, dan perwakilan dari Polresta Banyuwangi, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, hingga Pengadilan Agama Banyuwangi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x