Dari Tangkap Ular, Banyuwangi Reptile Community Edukasi Masyarakat

- 18 Februari 2023, 07:00 WIB
Komunitas BRC tangkap ular di ruas jalan sekitar RSUD Blambangan
Komunitas BRC tangkap ular di ruas jalan sekitar RSUD Blambangan /Dicky Dwicahya/BRC//

RINGTIMES BANYUWANGI- Seekor ular sanca ditemukan di gorong-gorong depan sebuah minimarket yang berada di ruas Jl Letkol Istiqlah, Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi pada Kamis malam, 16 Februari 2023.

Bergerak cepat, anggota tim Banyuwangi Reptile Community (BRC) mendatangi lokasi untuk kemudian melakukan evakuasi pada hewan melata sepanjang dua meter tersebut.

“Kalau BRC yang tangkap, kami amankan dulu. Mungkin 2-7 hari baru kami lepaskan ke hutan yang jauh dari pemukiman,” ungkap humas BRC Dicky Dwicahya pada Jumat, 17 Februari 2023.

Sementara jika ular ditangkap oleh warga, Dicky mengatakan bahwa keputusan ada pada warga, namun BRC akan membantu pelepasan jika memang dimintai bantuan.

Baca Juga: Percepat Perbaikan Jalan, Bupati Ipuk Cek Jalan Poros Rogojampi-Songgon

Dicky mengatakan bahwa BRC merupakan komunitas yang berdiri sendiri, namun tak dipungkiri, ia pun berharap kelak komunitasnya dapat menjadi rekanan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Banyuwangi khususnya ketika penyelamatan reptil.

Melalui laman instagram @banyuwangi_reptile_community, komunitas tersebut tampak sering memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai reptil.

“Tujuan kita meluruskan yang masih terbawa mitos tentang hewan, yang kebanyakan mengenai ular,” ujar Dicky.

Pria yang akrab disapa Cak Brenk tersebut mengatakan bahwa masih banyak target komunitasnya yang belum tercapai, diantaranya sosialisasi dan edukasi ke masyarakat desa, terutama yang tinggal di area perkebunan.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah