Bayi yang Dibuang di Warkop Sobo Akan Jadi Anak Negara

- 24 Februari 2023, 06:41 WIB
Bayi yang dibuang di warung kopi di Kelurahan Sobo, Banyuwangi
Bayi yang dibuang di warung kopi di Kelurahan Sobo, Banyuwangi /Fitri Anggiawati/

RINGTIMES BANYUWANGI- Bayi yang dibuang di sebuah warung kopi di Jalan Adi Sucipto Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi pada pada Selasa, 21 Februari 2023 lalu akan dirawat oleh negara.

Bayi akan dirawat di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Milik Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Timur yang berada di Sidoarjo.

“Bayi tersebut berstatus anak negara,” ungkap Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Henik Setyorini pada Kamis, 23 Februari 2023.

Meski begitu, pemindahan yang akan dilakukan oleh petugas UPT Sidoarjo kepada bayi yang kini masih dirawat di RSUD Blambangan tersebut masih menunggu waktu yang tepat, yaitu ketika si bayi dirasa sudah cukup kuat untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Baca Juga: Bupati Ngantor di Desa Jambewangi, Ipuk Kembali Salurkan Bantuan Alat Usaha untuk UMKM

Lanjut Henik, bayi dalam keadaan sehat, namun untuk melakukan perjalanan dari Banyuwangi ke Sidoarjo yang memakan waktu tujuh hingga delapan jam harus benar-benar dipersiapkan secara matang.

Untuk ke depannya, apabila terdapat calon orang tua yang hendak mengajukan proses adopsi, Henik mempersilakan untuk mengajukan diri yang kemudian akan diproses sesuai aturan yang ada.

Calon orang tua harus mengajukan diri dan melengkapi berkas syarat administrasi, yang setelahnya akan dilakukan survei oleh tim dari Dinsos untuk mengetahui layak tidaknya menjadi orang tua si bayi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, seorang bayi perempuan ditemukan dalam sebuah kardus yang diletakkan di sebuah meja warung kopi.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x