Nyepi dan Ramadan Berdekatan, PHDI Kecamatan Banyuwangi Serukan Toleransi

- 19 Maret 2023, 18:49 WIB
Upacara Melasti di Pantai Marina Boom berjalan dengan khidmat
Upacara Melasti di Pantai Marina Boom berjalan dengan khidmat /Fitri Anggiawati/Ringtimes/

RINGTIMES BANYUWANGI- Umat Hindu dan Umat Islam memiliki momentum unik yang terjadi pada bulan Maret 2023.

Yaitu Hari Raya Nyepi dan bulan Ramadan yang diperingati dalam waktu yang hampir berdekatan, di mana Nyepi jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023, sementara Ramadan diperkirakan mulai pada Kamis, 23 Maret 2023.

“Sama-sama kita saling menghormati, saling toleransi,” kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kecamatan Banyuwangi pada Minggu, 19 Maret 2023.

Ia mengharap umat Hindu dan umat Islam Banyuwangi terus saling menjaga silaturahmi dengan baik.

Baca Juga: Buntut Kecelakaan di Licin, Dishub Banyuwangi Upayakan Tambah Fasilitas Keselamatan

Secara terpisah, sekretaris PHDI Kecamatan Banyuwangi I Wayan Mustika memuji jalinan silaturahmi Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama bersama pecalang setempat.

Disebutnya, banser dan pecalang bersama-sama menjaga keamanan dan keamanan wilayah sehingga terjadi harmonisasi yang baik di Banyuwangi.

Untuk diketahui, rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023 telah diawali dengan upacara Melasti yang digelar di Pantai Marina Boom Banyuwangi pada Minggu, 19 Maret 2023.

Upacara Melasti adalah upacara pensucian diri untuk menyambut Hari Raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu, yang dilaksanakan di pinggir pantai dengan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x