Tingkatkan Kualitas Performa Khotib dan Imam Muda, PD DMI Banyuwangi Utus Kader Ikuti Diklat Provinsi

- 31 Mei 2023, 13:28 WIB
Utusan Peserta PD DMI Kabupaten Banyuwangi koordinasi dan foto bersama Ketua PW DMI Provinsi Jawa Timur KH. M. Roziqi
Utusan Peserta PD DMI Kabupaten Banyuwangi koordinasi dan foto bersama Ketua PW DMI Provinsi Jawa Timur KH. M. Roziqi /istimewa/

RINGTIMES BANYUWANGI- Ketua Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Banyuwangi H. Fathur Rahman mengutus dua kadernya untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) khotib dan imam muda yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Jawa Timur selama beberapa hari.

Pelatihan yang dipusatkan di Hotel Narita, Surabaya tersebut secara langsung dihadiri oleh delegasi khotib dan imam muda se-Provinsi Jawa Timur. Peserta yang hadir digembleng dengan aneka pokok kajian materi yang strategis dan komunikatif saat melaksanakan tugas penyampaian dakwah.

"Kita sudah bekali mereka surat tugas agar dapat mengikuti pelatihan di sana. Sebanyak dua orang. Mereka perwakilan dari pengurus pimpinan daerah DMI dan takmir Masjid Besar Kecamatan Kalibaru," kata H. Fathur.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Banyuwangi Siapkan Pencegahan Penyakit Hewan Ternak

"Semoga semua ikhtiar senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran. Kita akan terus upayakan dengan sinergi bersama seluruh stakeholder agar performa takmir dan masjid di Banyuwangi jauh lebih baik dari waktu ke waktu," harap H. Fathur menutup keterangannya.

Di akhir kegiatan, salah satu peserta delegasi dari pengurus PD DMI Kabupaten Banyuwangi Mohamad Soleh Kurniawan mengungkapkan, pembekalan materi selama diklat kali ini sangat penting sekali untuk diketahui. Ada banyak materi-materi berkaitan soal dakwah yang seharusnya tidak disampaikan oleh pendakwah-pendakwah selama di lapangan mereka tugas.

"Misalkan kerap terjadi para khotib menyampaikan materi lebih dari durasi waktu 5-15 menit. Masih ditambah dengan sumber materi yang disampaikan adalah kebanyakan tidak valid dan data-data tidak up to date. Selebihnya pasca pelatihan akan segera koordinasi pimpinan untuk mengikuti arahan dan petunjuk beliau pimpinan PD DMI Kabupaten Banyuwangi sebagai tindaklanjut," kata Soleh saat dimintai keterangan di sela penutupan diklat pada Rabu, 31 Mei 2023.

Baca Juga: Menuju Kabupaten Layak Anak, Banyuwangi Siapkan Regulasi hingga Program Terintegrasi

Sementara utusan dari Takmir Masjid Besar ar-Raudlah, Kecamatan Kalibaru M. Darussalam menambahkan, dalam pelatihan kali ini sangat penting untuk diketahui dirinya sebagai takmir.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x